Home OLAHRAGA Rebut Puncak Klasemen

Rebut Puncak Klasemen

0
SHARE

Kesebelasan Cilegon United (CU) sukses merebut puncak klasemen grup 2 Liga 2 Indonesia 2017 dari Perserang. Kesuksesan Laskar Geger Cilegon -julukan CU- bertengger sebagai penguasa sementara grup 2 setelah menang tipis dengan skor 1-0 atas Persika Karawang pada laga lanjutan babak penyisihan grup 2 yang dilangsungkan di Stadion Krakatau Steel (KS), Cilegon, Senin (10/7) sore.

Gol semata wayang CU dicetak Jalwandi pada menit ke-52 yang sukses memanfaatkan kemelut dalam kotak penalti Persika. Kemelut terjadi setelah tendangan keras Afriansyah dari dalam kotak penalti membentur tiang gawang Persika yang dikawal Aulia Persana Zinda. Bola liar jatuh ke kaki Jalwadi yang berdiri bebas disisi kanan gawang Persika. Tanpa membuang peluang, dengan dingin Jalwandi menceploskan bola ke gawang kosong Persika.

Tambahan tiga poin sukses mendongkrak posisi tim besutan Imam Riyadi di papan klasemen. Dengan mengoleksi 13 poin, CU berhak menduduki pucak klasemen sementara grup 2 dan sekaligus menggusur Perserang ke posisi runner-up dengan poin 12.

Posisi ketiga ditempati Persita yang sama-sama mengoleksi 12 poin dengan Perserang, hanya saja tim asuhan Bambang Nurdiansyah kalah selisih gol atas Perserang. Sedangkan Persika Karawang harus rela turun satu peringkat ke posisi keempat pasca kekalahan atas CU. Kini Persika mengoleksi poin 11.

Jalannya pertandingan CU versus Persika berlangsung sedikit monoton. Kedua tim terlihat bermain dengan hati-hati dan terkesan lambat panas. Tidak tampak serangan berarti yang dilakukan kedua tim. Babak pertama pun akhirnya berakhir tanpa gol alias 0-0.

Memasuki babak kedua, CU yang membutuhkan kemenangan guna mendongkrak poisisi di papan klasemen mengambil inisiatif serangan. Dukungan ribuan suporter yang memadati tribun Stadion KS, plus kehadiran Walikota Cilegoin Tb Iman Ariyadi yang ikut nimbrung bersama CEO CU Yudhi Apriyanto dan Kepala Pelatih CU Imam Riyadi di pinggir lapangan membuat permainan Jalwandi dkk terdongkrak. Bahkan Iman terdengar sesekali ikut memberi instruksi kepada pemain CU.

Puncaknya terjadi pada menit ke-52 saat gol tercipta. Gol Jalwandi membuat  Walikota Cilegon Iman Ariyadi yang didampingi Kepala Dispora Cileon Teten Hertiaman serta CEO CU Yudhi Apriyanto berlari ke tengah lapangan untuk merayakan.

Unggul 1-0 tidak membuat skuat CU menggendurkan serangan. Bahkan tercatat lebih dari tiga peluang emas yang mampu diciptakan Afriansyah dkk. Namun semua peluang tersebut mampu dipatahkan lini bertahan Persika Karawang. Akhirnya hingga wasit Yudi Prasojo dari Payakumbuh, Sumatera Barat meniupkan peluit panjang bertanda berakhirnya pertandingan, keunggulan 1-0 untuk CU tetap bertahan.

Ditemui usai pertandingan, Kepala Pelatih CU Imam Riyadi mengaku puas atas kemenangan yang diraih anak asuhnya atas Persika. Meski diakuinya Suandi cs tidak tampil dengan performa terbaik. “Anak-anak bermain bukan dengan performa terbaik. Hanya saja mereka memiliki motivasi tinggi untuk terus meraih kemenangan. Karena bermain home (kandang), kita tidak boleh kehilangan poin. Semangat dan daya juang tinggi yang membuat kami meraih poin penuh,” kata Imam, Senin (10/7) sore.

Sementara itu, CEO CU Yudhi Apriyanto tidak menampik jika permainan anak asuh Imam Riyadi jauh dibawah performa terbaik. “Anak anak overconfidence (terlalu percaya diri) sehingga banyak melakukan kesalahan senidiri. Selain itu, pemain juga mengalami keletihan yang sangat berat karena jadwal Liga 2 sangat padat. Kalau menurut saya ada faktor keberuntungan atas kemenangan ini karena lawan bermain bagus. Patut kita syukuri hasil ini dan tetap harus ada evaluasi agar tim tampil lebih baik lagi kedepan,” ucapnya.

Terpisah, Kepala Pelatih Persika Karwang Suimin Diharja mengapresiasi perjuangan anak asuhnya meski harus pulang dengan tangan hampa. “Semua pemain sudah tampil maksimal. Semua strategi dan instruksi staf pelatih dijalankan dengan baik. Hanya saja kami kurang beruntung. Selain itu memang sangat sulit meraih kemenangan di kandang lawan yang suporternya sangat fanatik. Pemain kami sedikit kehilangan konsentrasi akibat pemain ke-12 (suporter) tuan rumah yang tidak henti-hentinya memberi dukungan bagi timnya,” katanya singkat. (apw/rbnn)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here