Home OLAHRAGA Seleksi Pemain untuk Kejurnas

Seleksi Pemain untuk Kejurnas

0
SHARE

SERANG – Setelah sukses menggelar Kejuaraan Daerah (Kejurda) U-17, bulan Mei lalu, Asosiasi Futsal Provinsi (AFP) Banten bakal menyelenggarakan Kejurda U-20, pada 17-22 Juli mendatang. Sama dengan Kejurda U-17, gelaran Kejurda Futsal U-20 juga akan diselenggarakan di Radar Banten Arena, Kota Serang.

“Seperti diketahui, AFP Banten punya program menggelar tiga kali kejurda di tahun 2017 ini. Yang pertama Kejurda U17 sudah berhasil kita selenggrakan dengan juaranya Kota Cilegon. Kini kita menatap kejurda yang kedua, yaitu Kejurda U-20. Kali ini tuan rumahnya Kabupaten Serang,” papar Yosa Sayata, Ketua AFP Banten.

Menurutnya, cabang olahraga futsal di Provinsi Banten digandrungi banyak orang, terutama kalangan pelajar dan pemuda. Mereka datang dari berbagai kategori usia. Dengan menggelar kejurda berbasis kategori usia, AFP Banten berharap bisa memberikan wadah bagi para pemain.

Selain sebagai wadah pembinaan, Kejurda U-20 juga akan dijadikan ajang seleksi pemain yang akan mewakili Banten di Kejuaraan Nasional (Kejurnas) U 23 yang akan digelar di Medan Sumatera Utara, 20-30 Agustus 2017.

“Meski Kejurnas untuk usia 23 tahun, tapi Banten akan mengirim pemain dengan kategori usia 20. Kami sengaja mengirim mereka dengan harapan mereka akan punya pengalaman tanding tingkat nasional. Ini karena para pemain usia 20 yang akan mewakili Banten di Pra PON 2019 nanti. Dengan demikian, mereka sudah siap dengan atmosfer kompetisi nasional sejak awal,” terang Yosa.

Karena itu, Yosa berharap semua kabupaten/kota di Banten ikut ambil bagian di Kejurda Futsal U 20 ini dengan mengirimkan para pemain berkualitasnya. Dengan demikian, tim Banten terpilih nanti juga bakal diisi pemain-pemain yang bagus.

Sekadar info, Kejurda Futsal U-17 lalu, hanya diikuti 6 kabupaten/kota karena Kota Tangsel dan Kota Tangerang absen dengan alasan  yang kurang jelas. AFP Banten berharap pengalaman buruk ini tak terulang lagi di Kejurda Futsal U-20. Apalagi, tak ada sepeser pun uang pendaftaran yang dipungut.

Sementara itu, Ketua Panitia Kejurda U-20 Provinsi Banten, Angga Citra Desmala, menuturkan bahwa semua kabupaten/kota sudah dikirimi surat undangan serta petunjuk teknis dan formulir pendaftaran. Para peserta akan diundang menghadiri technical meeting yang akan digelar 15 Juli, di Radar Banten Arena.

Selain Kejurda U-17 dan Kejurda U-20, AFP Banten juga bakalan menggelar event untuk pemain berusia maksimal 23 tahun dengan tajuk Liga Nusantara Futsal tingkat Provinsi Banten, Oktober nanti. Hanya saja, pesertanya bukan kabupaten/kota tapi klub-klub futsal yang ada di Banten. (apw/rbnn)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here