Home BISNIS Tiongkok Produksi Mobil Pikap di Serang

Tiongkok Produksi Mobil Pikap di Serang

0
SHARE

JAKARTA-Pabrikan otomotif Tiongkok, Sokon, berencana menyuntikkan investasi ke Indonesia demi fokus bersaing di pasar light commercial vehicle (LCV). Sokon menggelontorkan dana USD 100 juta untuk pembangunan dan produksi. Sokonindo Automobile sebagai agen pemegang merek Sokon di Indonesia mengenalkan dua varian mobil pikap terbaru untuk kendaraan niaga. Hingga akhir tahun ini, dua produk tersebut ditargetkan bisa terserap pasar di Indonesia sampai 5.000 unit.

’’Semua pikap diproduksi Sokon secara lokal di Cikande, Serang, Banten,’’ ujar GM Marketing Sokonindo Automobile Du Xian Jun kemarin (10/7).
Sokonindo Automobile memulai aktivitasnya sejak 2008. Nilai investasi yang ditanamkan merek itu sekitar Rp 1,4 triliun. Jumlah tersebut digunakan untuk membangun pabrik modern seluas 80 ribu meter persegi dengan kapasitas mencapai 50 ribu unit per tahun.

Saat ini pabrik di Serang itu masih berfokus memproduksi pikap seri M-415. Ada sekitar 200 unit kendaraan jenis pikap yang telah diproduksi. ’’Tahun depan kami mulai memproduksi SUV. Kami menjamin setelah 2018 ada seri dan jenis terbaru kendaraan kami,’’ jelas Du Xian Jun.

Super cab M-415 ditawarkan dalam dua jenis. Yaitu, mesin berbahan bakar bensin dengan kapasitas mesin 1.500 cc dan berbahan bakar solar dengan kapasitas mesin 1.300 cc. Produk tersebut tentu memberikan warna baru di kelas kendaraan pikap yang sebelumnya diisi Daihatsu Gran Max Pickup, Hi-Max, Mitsubishi T120, dan Colt L300.

Untuk layanan after-sales, Du Xian Jun menyatakan, saat ini baru ada lima mitra yang tersebar di Jakarta, Medan, dan Semarang. Hingga akhir tahun ini, ditargetkan ada 20 mitra lagi yang tersebar di berbagai kota di Indonesia. Mereka akan bekerja sama menjadi diler sekaligus memberikan layanan service dan sparepart.

’’Target jumlah mitra untuk pembukaan diler sampai akhir tahun ini ada 20 mitra. Jumlah store-nya bisa jadi lebih banyak karena satu mitra bisa memiliki dua sampai tiga store,’’ ungkap Du Xian Jun. Selain membidik pasar Indonesia, Sokonindo Automobile akan menembus pasar ekspor. Khususnya di negara-negara Asia Tenggara. (jpg)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here