Home TANGERANG HUB PKK Rajeg Gelar Lomba Balita Sehat

PKK Rajeg Gelar Lomba Balita Sehat

0
SHARE

RAJEG – Pembina Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kecamatan Rajeg menggelar lomba Balita sehat di Aula Kecamatan Rajeg, Kabupaten Tangerang, Selasa (11/7). Dalam lomba ini, PPK Rajeg bekerja sama dengan Puskesmas Rajeg dan Puskesmas Sukatani.

Ketua PKK Kecamatan Rajeg diwakili oleh Sekretaris Camat (Sekcam) Rajeg Yati Nurulhayat mengatakan, melalui acara ini pihaknya mencari Balita sehat untuk memenangkan perlombaan Balita sehat tingkat Kabupaten Tangerang.

Yati menuturkan, penilaian Balita sehat ini meliputi antropometri dan status gizi, Imunisasi, status anak dan perkembangan anak, pengetahuan ayah atau ibu, dan kesehatan gigi.

Kepala Puskesmas Rajeg Helda Ismiati menjelaskan, pada penilaian antropometri, yang akan dinilai adalah ukuran dimensi tubuh manusia, seperti ukuran badan dan berat badan. Balita sehat harus memiliki ukuran lingkar kepala dan berat badan yang normal sesuai usia.

Sedangkan penilaian Imunisasi, yang dinilai adalah keteraturan imunisasi. Usia 0-7 hari telah diberikan imunisasi HBO, 1 bulan imunisasi BCG, 2-3 bulan imunisasi DPT I, 4 bulan imunisasi DPT II, 5 bulan imunisasi DPT III dan Polio, 9 bulan imunisasi campak.

Masih di tempat yang sama, Kepala Puskesmas Sukatani Abdul Yayi menuturkan, pada penilaian status anak dan perkembangan anak, Balita sehat memiliki perkembangan yang sesuai umur, contoh umur 24 bulan balita harus bisa melompat di tempat dan bisa melompati sesuatu. Sedangkan penilaian kesehatan gigi, dinilai dari jumlah giginya sesuai umur atau tidak karies gigi, plak gigi, akar gigi, perawatan gigi teratur.(mg-2)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here