Home TANGERANG HUB RSK Sitanala Bangun Gedung Baru

RSK Sitanala Bangun Gedung Baru

0
SHARE

TANGERANG – Memberikan layanan optimal kepada masyarakat, Rumah Sakit Kusta (RSK) Dr Sitanala membangun gedung baru. Rencananya, gedung tersebut akan dibangun 6 lantai dengan total anggaran keseluruhan sebesar Rp113 miliar.

Proyek ini akan dikerjakan selama dua tahun. Pagu awal untuk melaksanakan pekerjaannya sebesar Rp30 miliar. Dijadwalkan pembangunan  selesai pada 2018 mendatang. Selanjutnya pada 2019, secara keseluruhan gedung sudah dapat dioperasikan penuh.

Dirjen Pelayanan Kesehatan Kemenkes RI Bambang Wibowo menjelaskan, keberadaan gedung baru diharapkan bisa memenuhi kebutuhan fasilitas rumah sakit. “Kami akan menambah klinik dan ruang ICU. Juga mengalihkan beberapa ruang rawat inap dari gedung lama ke gedung baru,” terang Bambang pada acara peletakan batu pertama pembangunan gedung RS Dr Sitanala, Rabu (12/7).

Ia menyebut, bila RSK saat ini tidak diperuntukan khusus bagi penderita penyakit kusta. “Saat ini angka penyakit kusta sudah menurun. Jumlahnya sangat kecil sekali yaitu hanya 0,1 persen saja,” papar Bambang.

Terkait keberadaan  rumah sakit kusta (RSK), akan dikaji lebih mendalam. Apakah akan menjadi RS kusta atau menjadi RSU unggulan dilayanan penyakit kusta.

“Namun tetap rumah sakit ini akan memberikan layanan umum. Agar manfaatnya lebih luas,” tukas Bambang. Sedangkan Direktur Utama RSK Dr Sitanala Ali Muchtar mengatakan, kedepan pelayanan anak dan kebidanan akan dialihkan ke gedung baru. Termasuk ruang pelayanan intensif anak, poli klinik dan ruang ICU.

“Saat ini kami memiliki kapasitas 200 bed pasien. Kemudian akan ditambah menyesuaikan kondisi,” katanya. Ali menjelaskan, bila RS Sitanala telah ditetapkan menjadi RSU kelas B. Artinya melayani spesialis untuk beberapa jenis penyakit. “rumah sakit ini sudah ramai dikunjungi pasien. Baik dari Kota Tangerang, Kabupaten Tangerang maupun penduduk DKI yang tinggal di perbatasan,” ujar Ali. (tam)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here