Home TANGERANG HUB Calhaj Ikuti Bimbingan Manasik

Calhaj Ikuti Bimbingan Manasik

0
SHARE

TIGARAKSA – Ratusan calon haji (Calhaj) asal Kabupaten Tangerang mengikuti bimbingan manasik haji yang digelar Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Tangerang, di Masjid Agung Al Amjad, Komplek Pemda Kabupaten Tangerang, Kamis (13/7). Selain dari tim penerbangan Garuda indonesia, turut hadir menjadi narasumber Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Tangerang KH Uwes Nawawi dan Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kemenag Provinsi Banten Dr H Bajari Syam.

Kepala Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kantor Kemenag Kabupaten Tangerang H Samsudin MM mengatakan, bimbingan kali merupakan lanjutan bimbingan pertama yang telah dilaksanakan pada Sabtu (8/7) lalu. Sebelum di tingkat kabupaten, para calon haji telah lebih dahulu mengikuti bimbingan selama 8 kali pertemuan di tingkat kecamatan melalui Kantor Urusan Agama (KUA) setempat.

“Bimsik (bimbingan manasik) kali ini merupakan yang terakhir, dan bimbingan seperti ini sebagai kewajiban sebelum para calon jemaah haji berangkat ke tanah suci,” kata dia kepada Tangerang Ekspres saat ditemui di ruang kerjanya.

Banyak hal yang disampaikan para narasumber kepada calon haji, seperti keselamatan penerbangan, kebijakan dalam penyelenggaraan ibadah haji, jadwal keberangkatan dan pemondokan, dan sebagainya. “Intinya adalah bagaimana setiap calon jemaah haji benar-benar menjadi mabrur. Dan sebelum itu, mereka harus mengetahui semua apa yang akan dilakukan dan bagaimana cara melakukannya. Semua itu telah disampaikan selama Bimsik,” pungkas Samsudin.

Calon haji asal Kabupaten Tangerang 1438 Hijriah atau 2017 Masehi dibagi dalam 6 kelompok terbang (kloter). Kloter pertama akan diberangkatkan pada 30 Juli mendatang. (mg-3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here