Home OLAHRAGA Dana Lambat Cair, Tunda ke Lithuania

Dana Lambat Cair, Tunda ke Lithuania

0
SHARE

Keterlambatan pencairan dana lagi-lagi membawa petaka bagi sejumlah cabor SEA Games 2017. Setelah loncat indah yang batal melakukan TC di Tiongkok beberapa waktu lalu, sekarang giliran timnas basket mengalami masalah serupa.

Timnas basket terpaksa menunda jadwal TC mereka ke Lithuania yang sudah lama direncanakan. Sejatinya, Mario Wuysang dkk dijadwalkan bertolak ke Lithuania Sabtu (15/7) lalu. Hanya saja, proses pencairan dana saat ini masih menunggu persetujuan Sekretariat Negara (Setneg). “Kalau itu belum keluar, Satlak Prima juga tidak bisa melakukan pembayaran ke Lithuania,” beber Suhadi, manajer timnas basket.

Kondisi tersebut memaksa mereka menunda TC ke Lithuania sampai Sabtu (22/7) mendatang. Sebagai langkah alternatif, tim besutan Wahyu Widayat Jati dkk memperpanjang pemusatan latihan mereka di Hi-Test Arena, Batam.

Bukan kali ini saja timnas basket mengalami penundaan jadwal TC. Pada Juni lalu, Arki Dikania Wisnu dkk juga sempat terkendala hal serupa saat ingin berangkat ke Amerika Serikat. Bahkan, timnas juga harus mencari dana sponsor untuk bisa memberangkatkan 15 pemainnya ke Negeri Paman Sam tersebut.

Lebih lanjut, Suhadi juga menjelaskan bahwa PB Perbasi tidak akan menalangi TC ke Lithuania tersebut. Sebab, saat TC di Los Angeles pada Juni lalu, Perbasi sudah mengucurkan dana hingga mencapai Rp 900 Juta untuk memberangkatkan timnas.

“Intinya, kami memang menunggu dana dari Satlak Prima. Kalau dana sudah klir, kami pasti akan berangkat. Soalnya, kami memang sangat butuh latihan di Lithuania. Mereka ada di peringkat 2 FIBA,” ucapnya.

Saat ini, timnas masih diperkuat oleh 14 orang pemain. Pelatih timnas Wahyu Widayat Jati mengungkapkan bahwa hanya akan ada 13 pemain saja yang akan dibawa ke Lithuania. Dengan rincian, 12 pemain dibiayai oleh negara, sedangkan seorang pemain lainnya akan diberangkatkan menggunakan kocek pribadi sang manajer. Namun, pelatih yang karib disapa Cacing itu masih enggan menyebutkan siapa satu orang yang dicoret tersebut.

“Kalau jadi, Lithuania menjadi tempat terakhir kami melakukan TC. Kami akan mengumumkan skuad inti usai berlatih di Lithuanias,” katanya. (jpnn/apw)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here