Home OLAHRAGA Siapkan Tim Softball Sejak Dini

Siapkan Tim Softball Sejak Dini

0
SHARE

TARGET tiga besar Pra PON yang dicanangkan KONI Banten untuk peserta PON XX/2020 di Papua membuat Pengurus Provinsi Persatuan Baseball & Softball Seluruh Indonesia (Pengprov Perbasasi) Banten mengatur langkah. Pengprov pimpinan Sonny Nurochman menyiapkan tim baseball dan softball sejak dini.

Bahkan untuk tim softball Banten organisasi olahraga asli Amerika Serikat ini telah menyiapkan tim berlapis. Ini dilakukan untuk mengantisipasi batasan umur pada Pra PON XX yang akan berlangsung tahun 2019.

“Saat ini kami siapkan dua tim dengan batasan umur yang berbeda tim pertama dibawah 30 tahun dan yang kedua dibawah 19 tahun. Ini kita lakukan agar batasan umur apapun yang diterapkan PB (Pengurus Besar, red) Perbasasi Banten telah siap,” ungkap Andri Maulana, Ketua Harian Pengprov Perbasasi Banten.

Dikemukakan Andri, jika berdasarkan pengalaman PON XIX/2016 lalu dimana usia untuk pemain softball dibatasi untuk pemain dibawah usia 30 tahun. Namun di era kepengurusan baru pimpinan Andika Monoarfa ada wacana untuk PON XX yangbermain adalah pemain dibawah usia 25 tahun.

Kedua tim yang disiapkan dikemukakan Andri telah melakukan latihan rutin sejak Mei lalu. Dimana untuk tim U-30 sebagian besar dihuni pemain PON Jawa Barat, sedang tim U-19 dihuni pemain seleksi dari beberapa kejuaraan pelajar dan mahasiswa di Banten maupun di provinsi lain yang diikuti tim Banten.

Bahkan untuk menguji hasil latihan yang telah dijalani, Banten akan mengirim empat tim (dua tim putra dan dua tim putri) ke ajang berbeda Oktober nanti. Untuk tim senior putra dan putri akan dikirim ke Kejuaraan Partha Anniversary Cup di Yogyakarta yang akan dilangsungkan di Lapangan Universitas Negeri Yogyakarta sedang tim junior akan tampil di Kejurnas U-19 yang dilangsungkan di Makassar, Sulawesi Selatan.

“Untuk tim senior juga jadi ajang seleksi untuk timnas softball, kalau putri untuk timnas Asian Games sementara putra untuk ambil bagian dalam ajang internasional sampai kejuaraan dunia,” papar Andri.

Dengan ada dua tim ini, Andri yakin Banten tak akan menemui kendala manakalah aturan batasan umur digunakan adalah 25 tahun. Pasalnya untuk tim U-19 masih bisa memiliki dua tahun untuk ditempa agar matang. Sedang materi di pemain senior kebanyakan pemain di bawah 25 tahun.

Lebih jauh dikemukakan manajer tim Softball Senior, Asep Syaiful Nurhakim selain mengikuti kejuaraan, selama masa persiapan tim softball Banten juga akan menjalani ujicoba-ujicoba. Seperti yang dilakukan 8 Juli lalu di Lapangan Griya Sutera, Alam Sutera dimana tim softball putra-putri menjajal kekuatan mantan pemain timnas softbal yang tergabung dalam tim The Cobra dan The Cobra Sister.

“Walau melawan mantan timnas tapi kemampuan pemain The Cobra dan The Cobra Sisters masih cukup bagus. Ini jadi pengalaman melihat bagaimana mental pemain timnas bermain,” ucap Asep. (apw)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here