Home TANGERANG HUB PWI Bekali Wartawan Pengetahuan Tentang Hoaks

PWI Bekali Wartawan Pengetahuan Tentang Hoaks

0
SHARE

TIGARAKSA-Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Tangerang akan membekali pengetahuan sejumlah elemen masyarakat dan wartawan yang bertugas liputan di wilayah Tangerang tentang hoaks atau berita bohong.

Pembekalan pengetahuan berita hoaks ini akan dilakukan di Gedung Serba Guna (GSG) Kabupaten Tangerang, Rabu 19 Juli 2017, dalam acara deklarasi Jaringan Wartawan Anti Hoaks (Jawarah), yang dilanjutkan dengan Karya Latih Jurnalistik (KLW). Deklarasi Jawarah sendiri akan diikuti oleh 400 orang yang berasal dari sejumlah elemen masyarakat. Sedangkan KLW akan diikuti oleh sedikitnya 80 wartawan dari media cetak dan elektronik.

Deklarasi Jawarah ini akan dihadiri Bupati Tangerang A Zaki Iskandar, Kapolresta Tangerang Sabilul Alif, Kejari Tangerang Firdaus, SH, Sekjen PWI Pusat Hendri Ch Bangun, Ketua Kehormatan PWI Banten Agus Sanjadirja, Ketua PWI Provinsi Banten Firdaus serta sejumlah perwakilan PWI Perwakilan di Provinsi Banten.

Ketua PWI Kabupaten Tangerang Sangki Wahyudin mengatakan, melalui deklarasi Jawarah ini, masyarakat dan wartawan akan diberikan pemahaman yang utuh mengenai berita hoaks yang saat ini tengah diperangi oleh pemerintah dan juga masyarakat.

“Supaya jangan sampai nanti teman teman wartawan menginformasikan berita hoaks karena kurangnya pemahaman dan juga dangkalnya penelusuran suatu informasi. Terkadang hoaks juga menjadi dasar informasi oleh wartawan karena kurangnya pengetahuan tadi,”ujar Sangki, kemarin.

Sedangkan KLW, papar Sangki, merupakan pintu masuk awal bergabungnya wartawan untuk menjadi anggota PWI. Kendati demikian, sangki menyatakan, wartawan bebas memilih organisasi mana yang akan diikuti dan diakui pemerintah. Saat ini organisasi ke wartawanan yang diakui pemerintah adalah PWI, AJI dan IJTI.

Selain pemberian pembekalan tentang hoaks, rangkaian kegiatan KLW juga diisi dengan pemberian materi tentang keahlian jurnalistik oleh ketua kehormatan PWI Banten
Agus Sanjadirja dan Ketua PWI Banten Firdaus. Selain itu, wartawan juga akan dites pengetahuannya tentang jurnalistik melalui pengerjaan soal-soal.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kabupaten Tangerang Iskandar Mirsad mengapresiasi langkah PWI Kabupaten Tangerang dalam melaksanakan gerakan masyarakat anti hoaks. Dia mengatakan, gerakan anti hoaks ini dapat memberi sumbangsih berarti bagi masyarakat dan pemerintah Kabupaten Tangerang dalam memerangi berita bohong.

“Dengan begitu, berita berita bohong yang menyasar kepada Pemkab Tangerang yang dapat menggerus kepercayaan manyuarakan dapat diminimalisir,” tandasnya.(mg-14).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here