Home BISNIS Sayuran Kondusif, Cabai Rawit Tetap tak Stabil

Sayuran Kondusif, Cabai Rawit Tetap tak Stabil

0
SHARE

Harga sayuran di sejumlah pasar tradisional di Banyuwangi masih terpantau stabil. Bahkan, aneka macam sayur cukup konsusif dan normal. Hanya komoditas tertentu yang cepat mengalami perubahan, seperti cabai rawit. Harga gubis di pasar tradisional dihargai Rp 2.500 perkilogram. Harga tersebut  dianggap bagus karena gubis beberapa waktu lalu sempat di bawah Rp 2 ribu perkilogram.  Harga wortel di pasar kini turun menjadi Rp 8 ribu perkilogram.

Sepekan lalu, wortel kualitas nomor wahid dihargai Rp 11 ribu perkilogram. Harga tomat yang dijual pedagang di pasar tradisional juga perlahan mengalami kenaikan. Walaupun, tren kenaikan yang terjadi masih terbilang wajar. ‘’Semua sayuran stabil, harga tomat sekarang Rp 3 ribu perkilogram,’’ sebut Rudy Hariyono, salah satu pedagang sayur-mayur asal Kecamatan Songgon.

Dia menyebut, harga tomat pernah terjun bebas dihargai Rp 500 perkilogram. Turunnya harga tomat waktu itu, terang dia, karena stok melimpah. Saat ini, panen untuk tomat menurun karena kondisi cuaca yang sedang tidak bersahabat. ‘’Harga tomat mulai naik,’’ bebernya.

Jika tomat mengalami kenaikan, hal yang sama juga terjadi pada ranti. Saat ini, tarif ranti di pasar tradisional menembus level Rp 6 ribu perkilogram. ‘’Ranti dan tomat naik sedikit sedikit,’’ kata pedagang yang berdomisili di Desa Genteng Wetan, Kecamatan Genteng.

Sayuran seperti kacang panjang tampaknya kali ini sedang bergairah. Harga kacang panjang perkilogram mencapai Rp 4.500. Buncis juga tengah bagus yaitu Rp 5 ribu perkilogram. ‘’Kacang panjang kemarin kemarin ramai dihargai Rp 5.500 perkilogram,’’ kata  pedagang yang mangkal di Pasar Genteng I itu.

Praktis hanya cabai rawit yang mengalami perubahan cukup cepat. Jumat malam lalu, cabai rawit di pasar tradisional mencapai Rp 40 ribu perkilogram. Tapi, kini kembali melorot Rp 5 ribu. ‘’Cabai rawit turun lagi Rp 35 ribu,’’ jelasnya.

Ketika cabai rawit cepat mengalami perubahan, namun untuk cabai merah besar tampaknya masih belum stabil. Harga di pasaran saat ini rata-rata Rp 10 ribu perkilogram. ‘’Harga cabai merah besar sudah mulai bagus daripada kemarin,’’ pungkasnya. (ton/als)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here