Home BISNIS Cabai Merah Besar Naik

Cabai Merah Besar Naik

0
SHARE

Setelah terpuruk selama dua bulan terakhir, akhirnya cabai merah besar mulai menunjukkan tanda-tanda kenaikan harga. Saat ini, di pasaran harga komoditas hasil pertanian itu sudah di atas Rp 10 ribu perkilogram.

Harga cabai merah besar dihargai Rp 13 ribu perkilogram. Seperti yang terpantau di sejumlah pasar tradisional di Banyuwangi. Kenaikan harga itu membuat para petani yang tengah masa panen saat ini diselimuti kegembiraan.

Itu karena, angka minimal harga cabai merah besar sebesar sebesar Rp 10 ribu perkilogram membuat petani cukup  untuk mengembalikan modal. Sedangkan, jika harga di atas Rp 10 ribu, maka petani bisa mendapatkan untung.

Harga cabai merah besar tampaknya cepat terkerek dalam beberapa hari terakhir. Minggu lalu, harga cabai merah besar di pasar tradisional yaitu Rp 10 ribu perkilogram. Tapi, kini harganya sudah naik Rp 3 ribu.

Salah satu pedagang, Rudy Hariyono mengatakan, bahwa cabai merah besar sedang mengalami tren kenaikan harga. Tidak menutup kemungkinan harga cabai merah besar itu terus mengalami kenaikan,’’Harganya sekarang Rp 13 ribu perkilogram,’’ sebutnya.

Harga Rp 13 ribu perkilogram itu untuk cabai merah besar yang beredar di pasar tradisional. Sedangkan, jika dari petani harganya lebih rendah dari harga pasar. ‘’Kalau dari petani ada selisih antara seribu sampai dua ribu,’’ kata pedagang yang mangkal di Pasar Genteng I itu.

Harga cabai merah besar yang ditemukan di pasar tradisional itu untuk tipe kelas II. Sebab, untuk kualitas nomor satu masuk di gudang yang biasanya pengiriman ke perusahaan maupun di pasar gede.

Jika harga cabai merah besar terjadi tren kenaikan, tapi berbeda dengan cabai rawit. Cabai rawit baru-baru ini mengalami penurunan. ‘’Dari Rp 40 ribu, turun Rp 35 ribu. Sekarang harganya turun lagi menjadi Rp 33 ribu,’’ ucapnya.

Sementara itu, harga sayuran di sejumlah pasar tradisional di Banyuwangi masih terpantau stabil. Bahkan, aneka macam sayur cukup konsusif dan normal.

Harga gubis di pasar tradisional dihargai Rp 2.500 perkilogram. Harga tersebut  dianggap  bagus karena gubis beberapa waktu lalu sempat di bawah Rp 2 ribu perkilogram. Harga wortel di pasar kini turun menjadi Rp 8 ribu perkilogram.

Sepekan lalu, wortel kualitas nomor wahid dihargai Rp 11 ribu perkilogram. Harga tomat yang dijual pedagang di pasar tradisional juga perlahan mengalami kenaikan. Walaupun, tren kenaikan yang terjadi masih terbilang wajar.

Sayuran seperti kacang panjang tampaknya kali ini sedang bergairah. Harga kacang panjang perkilogram mencapai Rp 4.500. Buncis juga tengah bagus yaitu Rp 5 ribu perkilogram. (ton/als)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here