Home TANGERANG HUB Datangi Sekolah, Didik Siswa Tertib Berkendara

Datangi Sekolah, Didik Siswa Tertib Berkendara

0
SHARE

TANGERANG- Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) diisi dengan hal positif. Banyak kegiatan yang dapat dilakukan dari pihak sekolah seperti lomba, seminar, hingga memberikan pengetahuan umum. Seperti yang dilakukan Satlantas Polres Metro Tangerang Kota, Kamis (20/7). Dibawah pimpinan Kanit Dikyasa Polres Metro Tangerang Kota AKP Lestina BR Surbakti, anggota memberikan pengajaran terkait tertib berlalu lintas di jalan. Kegiatan tersebut diikuti sebanyak 300 pelajar SMA Yuppentek 2 Kota Tangerang yang baru selesai mengikuti MPLS.

“Sebagai generasi muda, kalian harus tertib lalulintas,” katanya. Kepada Tangerang Ekspres, Tina mengatakan, ini merupakan salah satu langkah preventif yang dapat dilakukan pihak kepolisian dalam memberikan penyadaran tertib lalulintas. “Meski belum cukup umur untuk berkendara, tapi fakta di lapangan kecelakaan lalulintas di dominasi anak sekolah,” tambahnya.

Tina melanjutkan, pihak kepolisian hanya menjalankan tugas sebagaimana mestinya. Selebihnya merupakan tugas dari orangtua untuk mengingatkan anaknya soal keselamatan di jalan. “Paling tidak orangtua mengingatkan soal keselamatan dalam betkendara seperti menggunakan helm, menggunakan baju lengan panjang dan celana panjang,” tuturnya.

Tina berharap, kedepan siswa dapat membantu meringankan tugas aparat kepolisian di jalan raya. “Kalau ada motor yang naik trotoar, berani ditegur, ada kendaraan umum ngetem sembarangan di peringatkan dan yang paling penting patuh rambu lalulintas,” imbuhnya.

Anak didik juga diharap mampu membantu pihak kepolisian pada saat menemukan kendala-kendala di jalan. “Jangan ragu untuk membantu dan memberikan informasi kepada polisi di jalan. Misalnya ada motor yang naik trotoar ditegur,” ucap Tina mencontohkan.

Kedepan anggota Dikyasa akan terus mengadakan penyuluhan dan sosialisasi ke sekolah-sekolah. “Kegiatan seperti ini penting untuk menumbuhkan mental anak. Maka akan kita rutinkan dengan sekolah-sekolah yang ada di Kota Tangerang. Sekaligus menghilangkan paradigma menyeramkan terhadap polisi,” tutupnya.

Pihak SMA Yuppentek mengapresiasi kegiatan ini dan akan mengadakan kegiatan serupa secara bertahap. “Terima kasih kepada Polres Metro Tangerang Kota yang sudah mau datang dan memberikan kegiatan positif ini. Kedepan akan kita adakan terus acara serupa untuk anak didik kita,” ucap Akhmad Lamada Sodiq Wakil Pelaksana MPLS SMA Yuppentek. Ia menambahkan, anak sekolah patut mendapat pendidikan soal keselamatan dalam berkendara. Apalagi banyak anak sekolah yang belum cukup umur dalam berkendara. “Semoga bisa menyadarkan dan mengurangi jumlah kecelakaan lalu lintas di jalan,” tutupnya. (mg-01)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here