Home TANGERANG HUB Tingkatkan Pelayanan, RSUD Fokuskan Akreditasi

Tingkatkan Pelayanan, RSUD Fokuskan Akreditasi

0
SHARE
TINJAU: Walikota Tangsel Airin Rachmi Diany berbincang dengan Surveyor Akreditasi dr. Josephat Suwanta Sinarya saat meninjau proses akreditasi di RSUD Kota Tangsel, Kamis (5/7). FOTO: Mimeh/Tangerang Ekspres

PAMULANG-RSUD Kota Tangsel melakukan akreditasi ditingkat Paripurna. Dalam penilaian tersebut, difokuskan pada dua bab pelayanan terkait dengan fasilitas yang dimiliki RSU Kota Tangsel, Kamis (5/7).

Direktur RSUD Kota Tangsel Suhara Manullang menjelaskan, setiap pelayanan kesehatan termasuk RSUD harus dilakukan akreditasi. Itu untuk meningkatkan kualitas RSUD tersebut. Pada Desember 2017, RSUD Kota Tangsel sudah mendapat akreditasi ditingkat utama.

“Kemudian kita mengajukan kembali, untuk tingkat pripurna. Dan disurvey sekarang. Dalam pemeriksaan, ada beberapa pemeriksaan standarisasi akreditasi yang harus dipenuhi,”  kata Suhara di RSUD Kota Tangsel, Kamis (5/7).

Dalam akreditasi tingkat paripurna, RSUD Kota Tangsel fokus pada dua bab terakhir. Yaitu Manajeman Pelayanan Obat (MPO) dan Manajemen pelayanan keamanan (MPK). Dimana penilaian tersebut merupakan lanjutan dari penilaian tahun lalu.

“Yang diperiks MPO lebih kepada obat, seperti peresepan obat. Sedangkan, MPK lebih kepada semua yang menyangkut penyelenggaraan keselamatan di rumah sakit itu,” ucapnya.

Ditambahkannya, dalam penilaian akreditasi ada sembilan bab yang harus dinilai terkait pemenuhan akreditasi ini. Sebelumnya tim penilai sudah mengakreditasi tujuh bab lain pada tahun lalu. Sementara dua lainnya saat ini sedang dilakukan penilaian.

Penilaian ini sendiri, kata Suhara, menjadi tolak ukur tipe RSUD Kota Tangsel yang rencananya akan ditingkatkan menjadi tipe B karena, saat ini masih tipe C. “Jika sudah masuk Tipe B, nantinya RSUD bisa merekrut dokter-dokter muda yang sedang melakukan koas. Dengan begitu pelayanan akan semakin maksimal karena tim kesehatan akan bertambah,” ujarnya.

Ia pun optimis, jika RSUD Kota Tangsel saat ini bisa memperoleh tingkat paripurna. Terlebih, menurut Suhara, Pemkot Tangsel sangat mendukung upaya itu. “Secara dokumen diperiksa dan hasilnya sendiri akan keluar dalam waktu sebulan. “Saya optimis dapat, apalagi didukung Bu Wali dan Pak Wakil yang sudah hadir saat penialian. Sebab, penilai pun melihat komitmen Pemkot,” ungkapnya.

Sementara itu, Wakil Walikota Tangsel Benyamin Davnie berharap, pemeriksaan itu bisa berlangsung kondusif. Sehingga, RSUD dapat meyakinkan masyarakat bahwa fasilitas pelayanan kesehatan di Kota Tangsel bisa dipercaya.

“Karena iini lanjutan saya optimis, penilaian tersebut akan berlangsung dengan baik. Kalau tidak salah kami harus menunggu sampai tiga minggu untuk mendapatkan hasilnya. Tapi, melihat apa yang dinilai, kami optimis,”  tutupnya. (mg-7/bud))

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here