Beranda TANGERANG HUB Baznas Bawa Rp 700 Juta ke Palu

Baznas Bawa Rp 700 Juta ke Palu

0
BERBAGI
BAZNAS: Ketua Baznas Kota Tangerang, KH Muhammad Aslie El Husyaery menyerahkan bantuan kepada relawan untuk korban gempa Palu, Senin (8/10).

TANGERANG – Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Tangerang memberangkatkan tenaga relawan tanggap bencana ke Palu untuk membantu korban gempa.

Ketua Baznas Kota Tangerang, KH Muhammad Aslie El Husyaery mengatakan, sumbangan warga Kota Tangerang yang dikelola Baznas akan disalurkan kepada warga yang tertimpa bencana gempa bumi dan tsunami di Provinsi Sulawesi Tengah.

Baznas Kota Tangerang, menurut Aslie untuk pertama kalinya membawa sumbangan warga Kota Tangerang untuk korban bencana gempa sebesar Rp 700 juta. “Kita nanti belanja di sana sesuai kebutuhan warga yang tertimpa bencana,” papar Aslie.

Menurut M Aslie, relawan yang dikirim ke lokasi bencana mereka yang sudah mumpuni tanggap bencana dan sudah terlatih. Relawan terdiri dari tim kesehatan dari Dinas Kesehatan Kota Tangerang, Tagana Kota Tangerang, Kesra Kota Tangerang dan tim official dari Baznas Kota Tangerang. “Mereka semua sudah sertifikasi tanggap bencana” katanya.

Selama ini Baznas Kota Tangerang, lanjut Aslie, mengadakan pengalangan bantuan korban bencana gempa bumi dan tsunami. Pihaknya hanya menerima bantuan berupa uang tunai. Bantuan berupa baju, makanan dan minuman tidak akan diterima. Pasalnya jarak yang jauh dan sulitnya transportasi ke titik korban bencana menjadi faktor kendala.

“Karena jarak yang jauh dan sulitnya transportasi ke lokasi terjadinya bencana. Jadi kita putuskan untuk belanja di sana. Sekarang ini tim relawan bawa uang bukan barang, nanti kita tanya, apa sih butuhnya mereka, kemudian baru kita belanjakan. Jadi lebih fungsional,” jelasnya.

Kepada relawan misi kemanusiaan ini Aslie berpesan untuk tidak melihat latar belakang apa pun. “Semua harus ditolong demi kemanusiaan,” pesan Aslie kepada relawan .

Menurutnya relawan ini tugas mulia. Jalankan tugas ini dengan sebaik-baiknya tanpa melihat suku dan agama. “Jangan melihat suku, agama dan ras, kita bantu semua yang membutuhkan,” tambahnya.

Setibanya di Provinsi Palu, lanjut Aslie, relawan Baznas Kota Tangerang ini berkoordinasi dengan Ketua Baznas Provinsi Sulawesi Tengah.untuk mengetahui wilayah mana yang belum tersentuh bantuan.

Aslie menuturkan, pengiriman relawan ini gelombang pertama yang dikirim Baznas Kota Tangerang. Relawan ini nanti bergiliran dalam sepekan.

“Mudah-mudahan untuk keberangkatan berikutnya kita bisa bawa sumbangan warga Kota Tangerang lebih besar lagi, karena jika dibutuhkan kita akan buat hunian sementara untuk warga Palu seperti di Lombok,” tuturnya. (raf)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here