Home BANTEN Hari Ini Jokowi Keliling Banten, Bagikan Sertifikat Hingga Deklarasi

Hari Ini Jokowi Keliling Banten, Bagikan Sertifikat Hingga Deklarasi

0
SHARE

SERANG – Calon Presiden Jokowi dijadwalkan berkunjung ke Banten selama dua hari, Sabtu-Minggu (3-4/11). Dalam safari calon petahana itu, Jokowi akan menghadiri sejumlah kegiatan. Mulai dari deklarasi dukungan di Kota Serang hingga bertatap muka dengan warga Kota Tangsel.

Ketua Tim Kampanye Daerah (TKD) Jokowi-Ma’ruf Amin Provinsi Banten Asep Rahmatullah mengatakan, pihaknya telah menerima informasi kepastian kunjungan Jokowi ke Banten.

Ada sejumlah titik yang akan dikunjungi Jokowi dalam lawatannya tersebut.

“Rangkaiannya mulai besok (hari ini-red) tanggal 3 dan 4 November,” ujarnya kepada wartawan di Hotel Horison Ultima Ratu, Kota Serang, Jumat (2/11). Dijelaskan Asep, untuk kegiatan pada hari ini Jokowi akan menghadiri acara deklarasi dukungan dari keluarga besar salah satu tokoh pendiri Banten, yaitu almarhum Tb Chasan Sochib.

“Bentuk dukungan deklarasi keluarga bersama Relawan Banten Bersatu (RBB) yang kita ketahui di Banten mereka memiliki banyak jaringan,” jelasnya. Menurutnya, pemberian dukungan dari keluarga besar almarhum Tb Chasan Sochib adalah sesuatu yang wajar. Sebab mereka bernaung di Partai Golkar, salah satu partai pengusung pasangan calon Jokowi-Ma’ruf Amin.

“Karena beliau secara tidak langsung juga keluarga besar Partai Golkar dan Golkar bagian dari partai pengusung Jokowi-Ma’ruf. Sehingga mereka ingin lebih menspesifikasikan dukungan keluarga besar mereka, jaringan keluarga besar,” ujarnya. Masih di hari yang sama, kata dia, Jokowi akan mengunjungi Keraton Kesultanan Banten atau Banten Lama. Mantan Walikota Solo itu dijadwalkan akan berziarah ke makam Sultan Banten dan berdialog dengan para ulama. “Pak Jokowi juga akan hadir di Kesultanan Banten untuk ziarah dan bertemu dengan para kiai,” katanya.

Asep mengatakan, selanjutnya pada Minggu (4/11) Jokowi akan menghadiri undangan dan pemberian arahan kepada para calon anggota legislatif wanita dari partai pengusung. Selanjutnya pembangian sertifikat tanah di Kabupaten Lebak. “Sorenya ketemu dengan PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini, red), terus bagi-bagi sertifikat di Lebak,” kata politikus PDIP yang juga menjabat sebagai Ketua DPRD Banten itu.

Sementara, Koordinator Bidang Pemenangan Pemilu DPP Partai Golkar wilayah Banten Andika Hazrumy mengatakan, acara deklarasi keluarga besar almarhum Tb Chasan Sochib akan digelar di Gelanggang Olahraga (GOR) Maulana Yusuf, Kota Serang. Dukungan diberikan untuk memenangkan pasangan Jokowi-Ma’ruf di Banten. “Di mana di dalamnya ada dari unsur keluarga besar, unsur relawan yang selama ini kita bina yaitu RBB dan juga unsur pendekar yang kita bina di dalam P3SBBI (Persatuan Pendekar Persilatan Seni dan Budaya Banten Indonesia),” kata Andika.

Meski bertajuk deklarasi, pihaknya akan membatasi jumlah massa yang hadir sesuai dengan aturan kampanye yang belum memperbolehkan menggelar rapat umum atau kampanye akbar. “Karena memang ketentuan dan aturan diberikan Bawaslu (Badan Pengawas Pemilu) untuk tatap muka di ruangan tertutup itu estimasi kurang lebih yang diberikan izinnya 3.000 (orang),” ujarnya.

Andika yang juga termasuk keluarga besar Chasan Sochib mengaku, ada tiga alasan mengapa keluarga besar memberikan dukungannya kepada pasangan Jokowi-Maruf. Alasan utamanya adalah karena trah Chasan Sochib bernaung di Partai Golkar sebagai salah satu partai politik pengusung. “Sudah jelas, keluarga besar dinaungi oleh Partai Golkar yang mengusung Jokowi-Ma’ruf Amin. Kedua, alasan yang kuat KH Ma’ruf Amin adalah salah satu putra Banten. Masa kita sebagai masyarakat Banten tidak menginginkan ada warga Banten menjadi pemimpin negara. Ketiga, bagaimana menginginkan pembangunan berkelanjutan dan Banten menjadi prioritas pembangunan nasional,” katanya.

Untuk kegiatan kunjungannya ke provinsi paling barat di Pulau Jawa ini, Jokowi direncanakan akan didampingi oleh pasangannya di Pilpres 2019. “Insya Allah rencananya dengan Pak KH Ma’ruf Amin datang,” katanya.

Jokowi juga akan menyambangi wilayah Kota Tangsel dan Kota Tangerang, pada Minggu (4/11). Di Kota Tangerang Jokowi akan membagikan sertifikat tanah di Puspemkot Tangerang. Di Kota Tangsel, dijadwalkan berkunjung ke Yayasan Pondok Pesantren (Ponpes) Darul Hikmah Pamulang pimpinan KH. Saidih. Kunjungan tersebut dalam rangka silaturahmi dan dialog bersama warga Pamulang dan sekitarnya.

Sekretaris Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Tangsel Abdul Rojak mengatakan, undangan telah disebar kepada tokoh agama se-Kota Tangsel, ketua ormas, dan seluruh elemen masyarakat Tangsel untuk datang dan menyambut Presiden. “Ini kesempatan langsung, jadi mari datang menyambut dan berdialog dengan Presiden Joko Widodo,” ujarnya kepada Tangerang Ekpres, Jumat (2/11).

Rojak menambahkan, warga yang akan hadir diharapkan menggunakan pakaian putih hitam atau bebas rapih dan sopan. “Mari buat kesan yang baik untuk Presiden kita saat berkunjung ke Pamulang,” ujarnya.

Sementara itu, Camat Pamulang Deden Juardi mengatakan, pengurus Ponpes Darul Hikmah Pamulang bersama Pasukan Pengaman Presiden (Paspampres) serta Pemkot Tangsel, Jumat (2/11) sore telah melakukan rapat terkait kunjungan presiden tersebut. “Sudah ada rapat terkait kunjungan Pak Presiden, dan diwakili Pak Wakil Walikota,” ujarnya.

Deden menambahkan, kunjungan presiden memerlukan tempat yang luas dan bisa menggunakan Ponpes Darul Hikmah dengan memasang tenda. “Persiapan sudah dilakukan panitia, Minggu (4/1) sore warga yang akan melintas di depan Ponpes Darul Hikmah diharapkan mencari jalan alternatif untuk menghindari kemacetan,” tuturnya. (tb/bud/ang/bha )

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here