Home TANGERANG HUB Bunga Bangkai Mekar di Ciputat

Bunga Bangkai Mekar di Ciputat

1
SHARE
MEKAR: Bunga bangkai mekar di salah satu pekarang rumah warga di Ciputat.

CIPUTAT-Warga Jalan Beo RT 03 RW 07, Ciputat, Tangerang Selatan, dibuat pusing dengan bau bangkai menyengat. Setelah dicari, tersnyata bersumber dari bunga bangkai.
yang mekar di sekitar pekarangannya.

“Sampai pusing, baunya itu lebih-lebihin bangkai tikus,” kata Diana, yang tinggal tidak jauh dari mekarnya bunga langka itu, seperti dikutip tribun.com, Jumat (2/11).

Diana menceritakan, pada Selasa (30/10), banyak warga yang mencium aroma tidak sedap menyerupai bangkai tikus pada malam hari.

Setelah itu, Diana dan warga lainnya mencari sumber aroma itu ternyata berasal dari bunga bangkai yang penuh lalat di dekat kediamannya.

“Kami langsung pada tutup pintu rapat-rapat, bau banget banyak lalat hijau,” kata Diana.

Diana mengatakan, sekira satu bulan lalu tumbuh bunga serupa tidak jauh dari keberadaan bunga bangkai saat ini. “Kami mah cuek, kirain ini bunga apa,” ujarnya.

Saat ini aroma tidak sudah tidak dikeluarkan oleh bunga dengan nama latin Amorphophallus paeoniifolius.

Beberapa waktu lalu, bunga bangkai juga tumbuh di dekat kali Cisadane di Desa Cilengga RT 12 RW 04, Serpong, Tangerang Selatan.

Untuk diketahui, selama ini bunga bangkai kerap disebut bunga rafflesia. Padahal dua jenis fauna ini berbeda. Bahkan, dari tampilannya pun berbeda.

Dikutip dari blob.titiw.com, dijelaskan bahwa persamaan bunga bangkai dan rafflesia adalah memiliki bau bangka menyengat. Namun, perbedaan terdapat pada jenis bunganya. Seperti jenis bunga Rafflesia Arnoldii. Bentuk bunganya rusak.

Kemudian, bunga rafflesia, juga ditemukan pertama kali oleh peneliti Joseph Arnold yang tergabung dalam ekspedisi Thomas Stamford Raffles di tahun 1818. Namanya digabung, jadi deh Rafflesia Arnoldii. (trb/net/esa)

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here