Home TANGERANG HUB Warga Buaran Buat Taman Baca di Kebun Jati

Warga Buaran Buat Taman Baca di Kebun Jati

0
SHARE
RESMI BEROPERASI: Walikota Airin Rachmi Diany memberikan sambutan peresmian TBM Buaran Hijau, kemarin. FOTO: Tri Budi/Tangerang Ekspres

SERPONG-Walikota Tangsel Airin Rachmi Diany meresmikan Taman Bacaan Mayarakat (TBM) Buaran Hijau di Jalan Raya Ampera Kodiklat TNI, Kampung Buaran RT 4/3, Buaran, Serpong, Minggu (4/11) pagi. Seperti namanya ‘Hijau’ TBM ini benar-benar berada di lingkungan hijau. Yaitu, di tengah-tengah kebun jati milik salah seorang warga.

Ketua Komunitas Gemar Membaca (Magma) Herlina Mustikasari mengatakan, TBM ini adalah yang ke-86 di kota pemekaran dari Kabupaten Tangerang. “TBM ini adalah rangkaian dari sebelumnya yang sudah dimulai dari awal 2010,” ujarnya kepada Tangerang Ekspres, Minggu (4/11).

Herlina menambahkah, dengan diresmikan TBM tersebut ia berharap ke depan tiap RW di Kota Tangsel memiliki satu TBM. Sehingga ibu-ibu tidak perlu dandan dan naik kendaraa kalau mau datang dan membaca buku.

Menurutnya, terbentuknya TBM Buaran Hijau tersebut berkat inisiatif anak-anak muda di sekitar, juga dukungan dari RT/RW dan warga. “Di sini gerakan anak muda dan masyarakat luar bias bagus dan kompak. Sehingga bisa terbentuk TBM yang indah,” tambahnya.

Masih menurutnya, dari 2010 sampai 2018 sudah beberapa kali TBM di Tangsel jadi juara tingkat nasional. 2010, 2011, 2017 dan 2018 mendapat juara nasional dari Kemendikbud. “Saya berharap TBM Buaran Hijau bisa mengikuti jejak TBM yang telah berprestasi,” jelasnya.

Sementara itu, Walikota Tangsel Airin Rachmi Diany mengatakan, dengan skema dan desain yang baik maka TBM akan menjadi daya tarik bagi warga untuk datang. “Tantangan orang tua itu bagaimana anak-anak melakukan kegiatan yang positif,” ujarnya.

Airin menambahkan, niat dan semangat karang taruna itu bagaimana anak-anak berkumpul bersama dan melakukan hal yang positif apalagi dengan era perkembangan zaman yang luar biasa. Informasi dari luar atau hoax masuk melalui gadget.

“Saya berusaha dari 2010 bagaiamana membuat TBM itu sebagai tempat berkumpulnya anak-anak dan masyarakat,” jelasnya.

Masih menurutnya, saat ini kalau mau cari dan lihat sesuatu tinggl buka google. Namun, ada satu hal memarik jika kita langsung membuka dan membaca buku.

Dahulu kalau mau baca harus cari perpustakaan. Gara masyarakat dan khususnya ada muda mau datang ke TBM Buaran Hijau, Pemkot Tangsel akan memasang jaringan wifi.

Ibu dua anak tersebut menjelaskan, harus ada inovasi di TBM apalagu saat ini anak-anak hidup dijaman beda dengan kita. “Tantangan membuka TBM itu banyak, dan inovasi harus berlanjut dan jangan berhenti dqn bagaimana buat inovasi dan terobosan agar anak-anak mau datang,” ungkapnya.

Pantauan Tangerang Ekspres di lokasi, lokasi TBM Buaran Hijau berada di kebun pohon jati. Bangunan TBM terbuat dari bambu dan dilengkapai buku-buku bacaan yang digemari masyakat. Juga ada urban farming atau perkebunan diperkotaan yang dibuat untuk mengatasi keterbatasan lahan. (bud/esa)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here