Home TANGERANG HUB Angka Kematian Penduduk Naik, Jumlah Penduduk Berkurang di Kelurahan Kuta Baru

Angka Kematian Penduduk Naik, Jumlah Penduduk Berkurang di Kelurahan Kuta Baru

65
0
SHARE
ANTRE: Beberapa warga sedang mengantre untuk mendapatkan pelayanan di kantor kelurahan.

PASAR KEMIS – Setiap bulan, upaya pembaruan catatan data jumlah penduduk terus dilakukan, ini bertujuan untuk memberikan data pelaporan yang akurat kepada Pemerintah Kecamatan Pasar Kemis, Kabupaten Tangerang.

Hal tersebut disampaikan Sekretaris Kelurahan (Sekel) Kuta Baru Dede kepada Tangerang Ekspres, Senin (5/11). Kemudian, ia mengatakan, data yang diterima Pemerintah Kecamatan akan diteruskan hingga ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) RI.

Adapun dalam proses pelaporan jumlah penduduk, dia menyebutkan, ini menjadi peran penting seluruh Ketua RT di Kelurahan Kuta Baru, Kecamatan Pasar Kemis. Sebab, Ketua RT harus mendorong masyarakat untuk tertib administrasi.

Ia menyebutkan, perubahan data penduduk karena empat faktor, yakni kelahiran, kematian, pidah dan datang. Jadi terangnya, masyarakat yang membuat surat kematian, surat akte kelahiran,  KTP dan surat pindah harus melalui Ketua RT setempat.

Bedasarkan data Kantor Kelurahan Kuta Baru hingga Oktober 2018, ia memaparkan jumlah penduduk sebanyak 34.000 jiwa, dengan rincian jumlah penduduk laki-laki 17.562 jiwa dan perempuan 16.921 jiwa.

“Sejak 2013 lalu, jumlah penduduk di Kelurahan Kura Baru semakin berkurang sampai sekarang. Ini karena angka perpindahan penduduk keluar dan kematian lebih tinggi dibandingkan angka perpindahan penduduk datang dan kelahiran,” jelasnya.

Misalkan, bila mengutip data jumlah penduduk periode Januari sampai Oktober 2018, ia mengungkapkan, sebanyak 34.984 jiwa pada Januari. Sekarang, jumlah penduduk menjadi 34.483. Berarti, pengurangan penduduk sebanyak 501 jiwa.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here