Home TANGERANG HUB Jelang Pemilu, Linmas Didata

Jelang Pemilu, Linmas Didata

0
SHARE
GELAR RAKOR: Pegawai Disdukcapil Kota Tangsel menggelar rapat koordinasi dengan mitra pemanfaat data Disdukcapil, di Cilenggang, Serpong, Kota Tangsel, Selasa (13/11). FOTO: Miladi Ahmad/Tangerang Ekspres

PAMULANG-Keberadaan petugas Perlindungan Masyarakat (Linmas) di tengah masyarakat saat ini kurang dirasakan warga. Salah satu penyebabnya, telah banyak tergantikan oleh petugas keamanan atau Satpam yang ada di perumahan dan permukiman warga.

Kepala Bidang Perlindungan Masyarakat pada Satpol PP Kota Tangsel Dedi Supriadi mengatakan, keberadaan Linmas yang dulu dikenal dengan sebutan Hansip sebenarnya penting. Salah satunya, menjaga keamanan lingkungan.

“Linmas ini harusnya ada, tapi sekarang vakum. Mudah-mudahan Linmas bisa diberdayakan lagi,” ujarnya, dalam sosialisasi Linmas untuk mewujudkan tata kehidupan masyarakat yang baik, tertib, tenteram, bersih dan indah di Aula Kecamatan Pamulang, Selasa (13/11).

Dedi menambahkan, Linmas ada di tiap RT. Sayangnya, datanya tidak jelas. Namun, jika mereka dibutuhkan baru akan dikumpulkan. Selain bisa bertugas di lingkungan, keberadaan Linmas juga penting dalam mensukseskan Pileg, Pilpres dan lainnya. “Mereka bertugas membantu petugas di TPS-TPS bersama petugas lainnya,” tambahnya.

Ia berharap, saat Pileg dan Pilpres bisa berjalan dengan baik dan Linmas tetap terlibat di dalamnya. “Linmas ini dari masyarakat dan untuk masyarakat. Ke depan, kita akan menginventarisir jumlahnya mereka,” jelasnya.

Mantan pegawai Kecamatan Pamulang tersebut menjelaskan, peran Linmas itu untuk menjaga keamanan dan tupoksinya ada di kelurahan.

Setidaknya saat ini ada 7 anggota Linmas yang ada di masing-masing kelurahan. Jelang Pileg dan Pilpres Linmas juga dibekali fungsinya apa, juga agar tahu kondisi masyarakat saat ini untuk mewujudkan masyarakat yang baik.

“Anggota Linmas selama ini tidak digaji layaknya pegawai pemerintahan,” tuturnya.

Linmas yang akan membantu dalam pengamanan Pileg dan Pilpres. Perannya diminta lebih siaga untuk mengawal dan mengamankan pesta demokrasi.

“Sehingga bisa terwujud tata kehidupan masyarakat yang baik, tertib, tenteram, bersih dan indah,” ungkapnya. (bud/esa).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here