Home TANGERANG HUB Pleno, DPT Bertambah 113 Ribu

Pleno, DPT Bertambah 113 Ribu

1
SHARE
PLENO: Komisioner KPU, dan Bawaslu Kota Tangsel dalam pleno DPTHP di kantor KPU, kemarin. FOTO: Dok. Net

SERPONG-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tangsel kembali menggelar pleno daftar pemilih tetap. Kali ini yang diplenokan ialah Daftar Pemilih Tetap Hasil Perbaikan (DPTHP) kedua.

Dari hasil pleno tersebut, disebutkan bahwa dari jumlah DPT sebelumnya yang berjumlah 839.464 pemilih, setelah dilakukan kembali perbaikan menjadi 952.846. Sehingga, ada penambahan pemilih sebanyak 113.382 pemilih pada DPTHP tahap dua ini.

Tidak sekedar adanya penambahan jumlah pemilih, tetapi di pleno tersebut juga ditetapkan penambahan jumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS). Dimana sebelumnya berjumlah 3.781 TPS menjadi 3.819 TPS.

Dalam pleno yang digelar di Kantor KPU Kota Tangsel, BSD City, Serpong itu, hadir Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Tangsel, serta perwakilan seluruh partai politik.

Divisi Data KPU Kota Tangsel Ajat Sudrajat, mengatakan bahwa DPTHP saat ini merupakan intruksi langsung dari KPU RI untuk terus melakukan perbaikan data pemilih di Kota Tangsel.

Juga dalam rangka untuk menyelamatkan hak pilih masyarakat Kota Tangsel, yang memang sudah memenuhi syarat sebagai pemilih pada Pemilu 2019 nanti.

Dia juga mengatakan, mengenai tambahan data tersebut, ada beberapa faktor. Misalnya ada sebagian besar data dari yang sebelumnya telah dihapus kini dimasukan lagi. Seperti penduduk Kota Tangsel yang telah pindah alamat, tapi domisili di KTP elektroniknya masih di Tangsel. Dimana sebelumnya ini dihapus, kini dimasukan lagi, karena sesuai dengan domisili di KTP elektronik.

“Serta, ada juga yang baru memiliki KTP elektronik, sehingga bisa dimasukan ke dalam DPTHP. Jadi seluruh faktor yang memungkin penambahan pemilih ini, akan kami masukan ke dalam DPTHP tahap dua ini,” ungkapnya.

Ajat juga mengatakan, bahwa selain itu, KPU juga berkoordinasi dengan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Tangsel, untuk mendata jumlah pemilih pemula yang mendekati usia 17 tahun.

“Nanti akan dilakukan perekaman KTP elektronik kepada pemilih pemula ini, agar segera bisa kita masukan ke dalam DPT. Dan untuk ini kami telah bekerjasama dengan Disdukcapil,” ungkapnya. (hms/esa)

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here