Home PENDIDIKAN Pramuka SDN Sentul 1 Banjir Prestasi

Pramuka SDN Sentul 1 Banjir Prestasi

0
SHARE
BERLATIH: Tim Pramuka SDN Sentul 1, Kecamatan Balaraja saat berlatih di halaman sekolah, kemarin. FOTO: Mas Deden Budiman/Tangerang Ekspres

BALARAJA – Disaat kegiatan kepanduan kurang diminati, di SDN Sentul 1, Kecamatan Balaraja, Kabupaten Tangerang malah banjir peminat. Sebagian besar siswa memilih latihan Pramuka dari pada bermain tidak jelas. Terbukti kini SDN Sentul 1 memiliki 60 anggota Pramuka yang tergabung dari siaga sampai penggalang.

Fahmi, Pembina Pramuka SDN Sentul 1 menuturkan, alasan siswa mengikuti kegiatan Pramuka lebih kepada kegiatan yang positif. Di Pramuka, seluruh siswa dibimbing belajar berorganisasi dan hidup mandiri. Apalagi saat pelaksanaan perlombaan, itu merupakan kegiatan yang dinanti-nanti.

Terbukti setiap SDN Sentul 1 mengikuti lomba Pramuka. Regu mereka selalu diperhitungkan lawan. Mengingat kemampuan Pramuka yang mereka miliki, menjadi modal utama meraih prestasi baik tingkat Kabupaten Tangerang maupun Provinsi Banten. Karena setiap regu SDN Sentul 1 mengikuti lomba, sudah bisa dipastikan mereka yang akan menjadi juaranya.

Kata Fahmi, belum lama ini, anak didiknya mengikuti lomba Pramuka Angkasa tiga se-Banten, diselenggarakan di Ponpes Al Muktariyah, Kecamatan Kresek.

Kata Fahmi, anak asuhnya mampu meraih juara pinru terbaik putra, juara harapan putri, juara harapan putra, pentas seni juara tiga, perang sandi putra juara tiga, pengetahuan umum dan pengetahuan khusus putra dan putri ketiga, serta teknologi tepat guna juara tiga.

“Kita berhasil memborong juara pada lomba Pramuka Angkasa tiga se-Banten, diselenggarakan di Ponpes Al Muktariyah. Keberhasilan ini sebagai kerja keras semua anggota Pramuka, pelatih dan pembina. Dan juga dukungan dari seluruh guru, kepala sekolah serta orangtua siswa,” tegas Fahmi.

Kata Fami, Pramuka akan terus dibina. Target yang diinginkan sekolah, Pramuka SDN Sentul 1 bisa juara umum lomba Pramuka tingkat Provinsi Banten.

“Seminggu sekali latihan Pramuka dilakukan. Setiap ada perlombaan selalu diikuti. Bukan soal menang atau kalah, yang terpenting Pramuka dapat melatih kemandirian dan kedisiplinan siswa,” beber Fahmi.

Aman, Kepala SDN Sentul 1 sangat mendukung kegiatan Pramuka di sekolah yang dipimpinnya. Aman menginginkan seluruh anak didiknya bisa masuk Pramuka.

Ke depannya, Aman memiliki program kegiatan Pramuka akan dimasukkan ke dalam kurikulum sekolah. “Kegiatan Pramuka sangat mendukung kegiatan belajar mengajar. Siswa dilatih untuk berani tampil di depan umum,” imbuh Aman. (mas)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here