Home TANGERANG HUB Pemkot Tangerang Siaga Hadapi Bencana

Pemkot Tangerang Siaga Hadapi Bencana

0
SHARE
SIMULASI: Personel BPBD berjibaku memadamkan api yang berkobar hebat dalam simulasi penanganan bencana usai apel siaga di lapangan Lapas Anak, Kota Tangerang, Rabu (28/11).

TANGERANG – Memasuki musim penghujan, Pemerintah Kota Tangerang melakukan persiapan mengantispasi bencana dengan menggelar apel siaga bencana di lapangan Lapas Anak Wanita, Rabu (28/11).

Apel tersebut diikuti seluruh instansi terkait dalam menangani masalah bencana yang ada di Kota Tangerang. Para peserta yang ikut dalam apel tersebut nantinya akan dikerahkan pada saat bencana baik banjir atupun bencana lainnya di Kota Tangerang.

Menurut Walikota Tangerang Arief R Wismansyah, pemkot sudah siap dalam menghadapi banjir pada saat musim penghujan. Hal tersebut dikarenakan para petugas yang menanggulangi masalah banjir sudah dari jauh hari disiagakan di masing- masing posisinya.

“Beberapa hari yang lalau curah hujan tinggi dan angin kencang. Pemkot Tangerang terus berusaha agar banjir teratasi. Tentunya ini kerja keras semua. Selain itu juga, kita sudah siap menghadapi banjir. Semua tim terkait sudah siap untuk membantu masyarakat Kota Tangerang pada saat musim hujan,”ujarnya.

Arief telah menginstruksikan ke BPBD, camat, lurah menginformasikan kepada seluruh masyarakat di Kota Tangerang agar selalu siap tanggap menghadapi bencana. Bahkan masyarakat diimbau untuk tenang dalam menghadapi musim penghujan.

“Bencana datang kapan saja, kita tidak tahu kapan bencana itu bisa terjadi. Maka dari itu koordinasi seluruh instansi harus berjalan, bahu membahu dalam penanganan bencana, agar kompak dan cepat teratasi jika ada bencana baik banjir ataupun bencana lainya,”ungkapnya.

Walikota Arief R Wismansyah mengecek peralatan operasi penanganan bencana usai apel siaga, Rabu (28/11).

Arief mengimbau instansi terkait untuk mengecek segala peralatan yang dimiliki, sebab tidak bisa dadakan dalam mempersiapkan itu semua.  “Kelompok masyarakat seperti Tagana dan yang lainnya jangan sampai tidak berkoordinasi. Melalui apel siaga ini mari bangun koordinasi seluruh instansi mencegah bencana,” jelasnya.

Terpisah, Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Tangerang, Irman Pujahendra memastikan rawan titik banjir di Kota Tangerang hanya genangan air. Bahkan saat ini titik di Kota Tangerang terus berkurang.

“Kami sudah dideteksi dan itu pun hanya genangan di jalanan dan bukan banjir yang besar. Saat ini pemerintah telah mengurangi titik banjir, dari 33 titik banjir sekarang hanya tinggal 4 saja titik banjir. Semoga kedepan 4 titik juga bisa diatasi agar tidak ada lagi banjir di Kota Tangerang,”sebutnya. (adv)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here