Home PENDIDIKAN Bentuk Duta Makan Ikan, Pesisir Mengajar Kampanye Gemarikan di SMK

Bentuk Duta Makan Ikan, Pesisir Mengajar Kampanye Gemarikan di SMK

0
SHARE
KAMPANYE: Relawan Pesisir Mengajar mensosialisasikan manfaat mengkonsumsi ikan kepada duta Gemarikan SMKN 5 Kabupaten Tangerang, Senin (10/12). FOTO: Mas Deden Budiman/Tangerang Ekspres

MAUK –  Kampanye gerakan memasyarakatan makan ikan (Gemarikan) yang digelar Relawan Pesisir Mengajar menyasar kalangan pelajar SMKN 5 Kabupaten Tangerang.

Relawan hasil bentukan Dinas Perikanan Kabupaten Tangerang ini, membuat duta pelajar SLTA untuk mengkampanyekan Gemarikan baik di lingkungan sekolah maupun lingkungan tempat tinggalnya.

Duta pelajar tersebut, bertugas membangun kesadaran masyarakat untuk memilih ikan, sebagai sumber protein utama dalam pemenuhan menu keluarga.

Koordinator Relawan Pesisir Mengajar Kabupaten Tangerang, Hari Mahardhika menegaskan, akan terus berupaya menindaklanjuti program Gemarikan, dengan mendorong kebiasaan masyarakat mengonsumsi ikan sebagai sebuah budaya. Untuk menciptakan generasi sehat, kuat, dan cerdas.

“Melalui duta pelajar Gemarikan, kami melakukan percepatan budaya masyarakat untuk mengkonsumsi ikan sebagai lauk dalam menu keluarga di rumah,” tutur Hari, saat mendampingi Relawan Pesisir Mengajar, Senin (10/12).

Kata Hari, orang-orang Eskimo yang hidup dalam suhu yang sangat dingin dikenal sebagai masyarakat yang kuat dan sehat. Karena mereka menjadikan ikan sebagai konsumsi utama.

Nutrisi yang terkandung dalam daging ikan, seperti asam lemak omega 3, bermanfaat menurunkan kadar lemak jahat dalam tubuh. Daging ikan juga mengandung Fosfor, mineral yang dibutuhkan dalam proses mengubah makanan menjadi energi di dalam tubuh. Lalu kalsium, berperan dalam menguatkan tulang dan vitamin A dan B kompleks.

“Mengonsumsi ikan sangat baik untuk meningkatkan kecerdasan otak. Terutama untuk anak-anak dan remaja. Dengan gemar mengonsumsi ikan, masyarakat diharapkan bisa lebih sehat. Sehingga generasi mudanya akan lebih cerdas,” papar Hari, yang juga Sekjen Kahmi Kabupaten Tangerang.

Berbagai kegiatan untuk mendorong budaya makan ikan telah dilakukan. Di antaranya, kampanye makan ikan dan sosialisasi manfaat gizi ikan bagi kesehatan dan kecerdasan di sekolah-sekolah. Mulai PAUD, SD, SMP sampai SMA.

Mereka diberikan pelatihan pengolahan dan pemasaran hasil perikanan. Serta kegiatan penunjang konsumsi makan, seperti sosialisasi gizi ikan kepada pelajar di Pesisir Pantai Kabupaten Tangerang.

Sementara itu, Kepala SMKN 5 Kabupaten Tangerang, Darsono, menyambut baik kegiatan yang diselenggarakan Realawan Pesisir Mengajar. Apalagi salah satu jurusan yang dimiliki SMKN 5 Kabupaten Tangerang adalah Jurusan Agri Bisnis Pengolahan Perikanan.

“Program Relawan Pesisir Mengajar sama dengan Jurusan Agri Bisnis Pengolahan Perikanan yang kami miliki. Untuk itu, kami mendukung kegiatan ini,” tegas Darsono. (mas)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here