Home TANGERANG HUB Masyarakat Tangerang Diajak Bela Negara

Masyarakat Tangerang Diajak Bela Negara

0
SHARE
UPACARA: Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar (kiri), memberikan ucapan selamat kepada ormas yang mengikuti upacara Peringatan Hari Bela Negara, Rabu (19/12). FOTO: Diskominfo Kab Tangerang for Tangerang Ekspres

TIGARAKSA – Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar memimpin upacara peringatan Hari Bela Negara ke-70 di Lapangan Upacara Yudha Negara Tigaraksa Kabupaten Tangerang, Rabu (19/12). Zaki bertindak sebagai inspektur upacara. Upacara dimulai dengan mengheningkan cipta, kemudian dilanjutkan dengan pembacaan Ikrar Bela Negara.

“Hari Bela Negara ini dicanangkan untuk menghormati dan mengajak semua warga negara untuk membela negara melebihi panggilan tugas yang menjadi tanggung jawabnya bela negara, tidak bisa hanya dilakukan dengan kekuatan fisik dan senjata semata, tapi harus dilakukan melalui beragam upaya dan profesi,” kata Zaki, membacakan amanat dari Presiden RI Jokowi.

“Sebagai negara besar dengan penduduk terbanyak keempat di dunia serta negara maritim dengan ribuan pulau bangsa yang Bhineka dalam suku ras dan agama kita bersyukur bahwa negara kita tetap rukun damai dan bersatu,” lanjut dia.

Zaki kemudian menyampaikan apresiasi kepada masyarakat yang sudah melakukan aksi bela negara. Tak hanya TNI-Polri, profesi guru juga dimaknai sebagai bela negara.

“Mereka yang mengajar walaupun bukan guru, yang mengajak masyarakat untuk hidup sehat walaupun mereka bukan pegawai kesehatan, banyak mereka yang mendampingi masyarakat untuk berwirausaha tanpa berniat mengambil manfaat dari masyarakat. Inilah sebuah bentuk dari bela negara yang patut kita apresiasi,” jelas.

Lebih lanjut Zaki mengatakan, Hari Bela Negara merupakan momentum penting berdirinya bangsa, para kader bela negara bisa menjadi kesadaran nasional dan gerakan nasioanal sebagai bentuk dalam mempertahankan negara berdasarkan UUD 1945, serta Pacasila dan kita ingatkan, itu semua merupakan sumber energi dalam hijrah ketertinggalan dari kemajuan dari ketidak pedulian menuju ke persaudaraan.

“Tugas bela negara ini merupakan tugas berat akan tetapi dengan semangat persatuan dan kerja keras kita bersama, semua dapat terwujud sehingga bisa membawa Tangerang lebih Gemilang,” ucap Zaki

Dian, salah satu peserta yang mengikuti upacara peringatan Hari Bela Negara ke-70 mengatakan, sebagai negara dengan ribuan pulau, bangsa yang bhineka dalam suku, ras dan agama harus bersyukur bahwa negara ini tetap rukun damai dan bersatu.

“Bela negara tidak hanya bisa dilakukan dengan kekuatan fisik dan senjata semata, namun harus dilakukan melalui beragam upaya dan profesi. Bela Negara tidak hanya dilakukan aparatur negara saja, tetapi juga harus dilakukan secara bersama-sama oleh segenap elemen bangsa dan negara,” ungkap Dian. (rls/mas)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here