Home OLAHRAGA Jelang Tes Pramusim Sepang, Geliat Tim Papan Bawah

Jelang Tes Pramusim Sepang, Geliat Tim Papan Bawah

0
SHARE
LEBIH BAIK: Andrea Iannone diyakini bisa menghasilkan prestasi terbaik buat Aprillia Racing Team pada musim MotoGP 2019 yang akan dimulai Maret nanti. FOTO: Motogp.com

SUDAH empat musim terakhir Aprillia Racing Team Gresini kembali berkompetisi di MotoGP. Hasilnya, mereka selalu terdampar di papan bawah klasemen konstruktor. Nasib serupa dialami para pembalap mereka di akhir musim.

Aprillia jelas kalah bersaing dengan tim pabrikan besar. Seperti Honda, Ducati, Suzuki, Yamaha, atau bahkan dengan KTM sekalipun.

Pada 2018, Aprillia mengandalkan Aleix Espargaro, pembalap Spanyol dan Scott Redding (Inggris). Keduanya tak mampu banyak bersaing. Aleix menempati peringkat 18 klasemen pembalap. Adapun Redding tidak lebih baik, di posisi 20.

Tahun ini, Aprillia melakukan sejumlah perombakan. Andrea Iannone yang musim lalu bersama Suzuki masuk menggantikan peran Redding. Ini salah satu misi penyelamatan bagi Aprillia. Khususnya untuk mendongkrak semangat Aleix yang musim lalu sulit bersaing.

Di level offisial, Massimo Rivola, mantan Direktur olahraga Ferrari di Formula 1 juga bergabung. Rivola masuk untuk menjadi CEO Aprilli. Dia menggantikan posisi ROmano Albesiano yang kini berperan sebagai Direktur Teknik tim asal Italia tersebut.

Kedatangan Rivola ke tim tentu diharapkan bisa membuat garasi Aprillia lebih bersemangat. Terlebih, Aprillia RS-GP, motor yang ditunggangi Iannone dan Aleix diakui Rivola butuh banyak pengembangan.

“Saya pikir Aleix adalah petarung dan saya menyukai pendekatan semacam ini,” ucap Rivola dikutip Motorsportweek. Dia berharap pembalap Sapnyol itu terus memperlihatkan semangat yang sama. “Tentang Andrea (Iannone), dia memang punya bakat besar,” imbuhnya.

Dua musim terakhir, Iannone membalap dengan pabrikan asal Jepang, Suzuki. Musim lalu, pembalap 29 tahun tersebut empat kali naik podium. Capaian terbaiknya di MotoGP yakni saat turun bersama Ducati Team pada 2015. Di akhir musim dia cukup mantap di papan atas, tepatnya pada peringkat kelima klasemen pembalap.

Pengalaman Iannone selama enam musim tampil di MotoGP itu menjadi modal buat Aprillia untuk bersaing lebih kencang di musim 2019. “Kami memiliki motor yang cukup spesifik, mesim V yang sempit, kami memiliki keseimbangan motor yang sama sekali berbeda,” sebut Albesiano.

Ujian pertama buat Aprillia bakal tersaji pada sesi uji coba pra musim yang akan berlangsung di Sirkuit Internasional Sepang, Malaysia, 6-8 Februari mendatang. Tetapi, hari ini, hingga 3 Februari 2019 bakal diawali dengan Sepang shakedown di sirkuit yang sama. (jpg/apw)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here