Home BANTEN Gapoktan Tunas Harapan, Kekompakan Cetak Kemajuan Pertanian

Gapoktan Tunas Harapan, Kekompakan Cetak Kemajuan Pertanian

0
SHARE
Sejumlah petani di Margasana, Kramatwatu mengumpulkan bibit padi siap tanam.

SERANG-Kekompakan bisa menopang kesejahteraan ini dibuktikan oleh Gabungan kelompok tani (Gapoktan) Tunas Harapan. Dengan modal kekompakan antargapoktan terbukti berhasil mengumpulkan hasil pertanian yang cukup banyak.

Untuk diketahui, Gapoktan Tunas Harapan adalah gabungan kelompok tani dari tiga kelompok tani yang ada di Desa Margasana, Kecamatan Kramatwatu, Kabupaten Serang.

Ketiga kelompok tani yang bergabung dalam Gapoktan Tunas Harapan adalah, kelompok tani Sibesi yang beralamat di Kadipan, kelompok tani Siifik di Kemasan dan kelompok tani
Gentra yang beralamat di Margasana.

Gapoktan ini didirikan pada tanggal 5 November 2008 melalui musyawarah seluruh petani dan petugas pertanian (PPL) yang diadakan di balai Desa Margasana.

Dari musyawarah ini, disepakati nama Gapoktan Tunas Harapan. Sementara, H Anis Fuad, tokoh setempat disepakati menjadi Ketua Gapoktan yang beralamat di Desa Margasana, Kecamatan Kramatwatu, Kabupaten Serang, Banten ini.

Dengan bergabungnya tiga kelompok tani ini, Gapoktan Tunas Harapan memiliki potensi produksi gabah hingga 9.000 ton. Gapoktan ini juga memiliki, jenis usaha yang dilakukan di Gapoktan ini adalah jual-beli gabah/beras dan usaha penggilingan padi.

Sementara, dari usaha yang selama ini dijalankan, modal usaha Gapoktan saat ini mencapai Rp100 juta. Dari produksi gabah yang dilakukan, Gapoktan ini memasarkan produknya ke Cilegon dan Serang. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here