Home TANGERANG HUB Retribusi IMB Lampaui Target

Retribusi IMB Lampaui Target

0
SHARE
TERUS TUMBUH: Pertumbuhan properti cukup pesat. Ini menjadi salah satu penyumbang tingginya retribusi IMB di Kota Tangsel. FOTO: Dok. Tangerang Ekspres

SERPONG-Pesatnya pembangunan di wilayah Tangsel berdampak positif bagi penerimaan retribusi izin mendirikan bangunan (IMB). Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) mencatat, di 2018 terdapat kenaikan pendapatan retribusi yang berasal dari IMB yang melampaui target.

Kepala DPMPTSP Kota Tangsel, Bambang Noertjahjo mengatakan, penerimaan retribusi IMB pada 2018 melampaui target yang ditetapkan.

“Sebelumnya target pencapaian yang telah ditentukan itu sebesar Rp65 miliar, ternyata penerimaan retribusi dari sektor izin mendirikan bangunan melampaui target yakni sebesar Rp65,2 miliar,” ujar Bambang, Kamis (14/2).

Bambang menambahkan, kontribusi dan retribusi terbesar didapat dari jenis bangunan seperti apartemen dan hotel.

“Kalau sumbangsih terbesar itu berasal dari bangunan-bangunan usaha seperti apartemen, pusat perbelanjaan dan hotel. Untuk perumahan atau tempat tinggal sendiri malah tidak terlalu besar,” tambahnya.

Bambang juga menjelaskan, besarnya penerimaan retribusi di 2018 tak lepas dari kemudahan-kemudahan pelayanan perizinan yang diberikan di Tangsel.

“Tentunnya kami pun turut membantu memberikan kemudahan dalam pengajuan dan pemenuhan syarat dengan menggunakan sistem aplikasi online yang dapat di akses untuk semua informasi dan izin yang sudah terbit pun akan kami antar jadi gak perlu lagi datang ke kantor,” jelasnya.

Dalam kesempatan itu, Bambang juga berharap, agar para investor atau pelaku usaha yang ingin membangun di wilayah Tangsel dapat lebih meningkatkan kesadaran akan pentingnya izin membangun sebagai dasar dari peraturan tata bangunan di wilayah Tangsel.

“Saya berharap agar masyarakat lebih paham dan meningkat kesadaranya, dengan mengurus izin mendirikan bangunan sebelum bangunan berdiri, karena dengan begitu pastinya mereka bisa mendapat perlindungan dari pemerintah,” harapanya. (mg-4/esa)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here