Home TANGERANG HUB DLH Buat Program Sedekah Sampah

DLH Buat Program Sedekah Sampah

1
SHARE
Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Tangsel, Toto Sudarto foto bersama warga penggerak Sedekah Sampah, di Ciputat, kemarin.

CIPUTAT-Menyambut hari peduli sampah nasional (HPSN) 2019 pada 24 Februari mendatang, Dinas Lingkungan Hidup Kota Tangsel mengajak masyarakat donasi sampah. Donasi tersebut dilakukan dalam program “sedekah sampah”.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Tangsel Toto Sudarto mengatakan, program sedekah sampah merupakan program pengelolaan sampah berbasis mayarakat dan mengikhlaskan hasil panen sampah untuk keperluan kegiatan sosial.

“Di Tangsel pengumpulan donasi sampah dilakukan oleh pengurus bank sampah dan masyarakat yang biasa membawa sampah yang memiliki nilai ekonomis,” ujarnya kepada Tangerang Ekspres, Senin (18/2).

Sementara itu, Kepala Seksi Kemitraan dan Pemberdayaan Masyarakat pada Dinas Lingkungan Hidup Kota Tangsel Rivai mengatakan, donasi sampah tersebut dilakukan oleh masyarakat yang biasa membawa sampah atau barang bekas yang memiliki nilai jual ke bank sampah.

“Jadi, biasanya barang bekas itu ditimbang dan dijual, tiap bulan akan dilakukan pembayaran. Nah, dengan program ini hasil yang diperoleh selama Februari akan masyarakat mendonasikan untuk korban tsunani Banten,” ujarnya.

Rivai menambahkan, saat ini di Tangsel terdapat 215 bank sampah yang tersebar di 7 kecamatan. Donasi sampah dikumpulkan di koordinator kecamatan (korcam) Silaturahmi Bank Sampah Tangsel (Sibas) di 7 kecamatan. Dua kecamatan yang sudah mengumpulkan donasi adalah Ciputan dan Ciputat Timur dengan masing-masing donasi sebesar Rp 3 juta.

“Penyerahan secara simbolis dilakukan di Kecamatan Ciputat oleh Camat Ciputat Andi Dandi Patabai kepada Kepala Dinas LH Kota Tangsel Toto Sudarto, Senin (18/2) di halaman kantor kecamatan,” tambahnya.

Masih menurut Rivai, bila semua kecamatan sudah mengumpulkan donasi sampah tersebut, rencananya pada 24 Februari mendatang Walikota Tangsel Airin Rachmy Diany akan menyerahkan secara simbolis kepada perwakilan korban tsunami Banten dan lokasinya di Tangsel.

Tapi, bisa juga Dinas LH yang akan menyerahkan donasi tersebut langsung kelokasi untuk korban tsunami di Banten. “Donasi ini seiklasnya dan yang penting iklas, serta tidak menjadi beban masyarakat yang memberikannya,” jelasnya.

Rivai menuturkan, DLH memiliki target kedepan maisng masing RW di Tangsel harus memiliki bank sampah. “Paling tidak sampai masa bakti ibu Walikota selesai sudah ada 300 bank sampah di Tangsel,” tuturnya. (bud/esa)

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here