Home TANGERANG HUB P3K Kab.Tangerang, Guru SMAN 6 Jadi Pengawas

P3K Kab.Tangerang, Guru SMAN 6 Jadi Pengawas

1
SHARE
Guru honorer Kabupaten Tangerang melihat nilai hasil tes P3K. FOTO: Asep Sunaryo/Tangerang Ekspres

TIGARAKSA – Pemkab Tangerang menggelar tes calon P3K di dua sekolah. Di SMAN 1 dan 6 Kabupaten Tangerang yang berada di Balaraja dan Tigaraksa. Ribuan pendaftar, mengikuti serangkaian tes menggunakan komputer. Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM), Kabupaten Tangerang Ahmad Surya Wijaya, mengatakan, proses seleksi berjalan sesuai jadwal yang telah ditetapkan oleh pemerintah pusat.

Perihal kelulusan, ia menunggu hasil dari pusat. Sebab berlangsung secara online serta hasil tes langsung masuk ke database BKN. “Yang hadir ada 1.041 peserta, dua orang tidak hadir. Yang satu umrah dan yang satu lagi tidak ada keterangan. Data yang diisi langsung masuk pusat. Selanjutnya kita menunggu dari pusat,” katanya kepada Tangerang Ekspres, Minggu (24/2).

Sementara, Kepala Bidang Perencanaan Aparatur BKPSDM, Chica Dewi Larasati, menjelaskan, tes berlangsung dari pukul 07.30 hingga 12.15 WIB. Untuk teknis, ia menilai tidak ada gangguan. “Lokasi tes di SMAN 1 Balaraja di Sabtu ada tiga sesi dan pada Minggu dua sesi yang mengikuti 563 peserta dan di SMAN 6 Tigaraksa yang mengikuti 480, Sabtu tiga sesi dan Minggu satu sesi,” akunya.

Perihal soal, Chica menjelaskan, tes menguji seputar kompetensi manajerial teknis yang terdiri dari 40 soal. Untuk kompetensi sosial kultural ada 40 soal dan terakhir soal essai berbentuk wawancara dengan jumlah 20 pertanyaan. “Jawaban dan soal masuk dalam aplikasi online dengan waktu 120 menit dalam satu sesi. Seandainya lulus semua, pemkab sudah siap menggajinya,” ujarnya.

Senada, Kepala SMAN 6 Tigaraksa, Usep Kusmara, mengungkapkan ditunjuk sebagai penanggungjawab pelaksanaan tes P3K. Hal tersebut dikarenakan, fasilittas yang dimiliki sekolahnya sudah seusai dengan standar UNBK. “Kita gunakan tiga ruang laboratorium dengan satu ruang server yang berisi 120 komputer. Koneksi lancar, listrik juga tidak ada kendala. Yang jadi pengawas dari guru-guru sini. Teknisi yang sudah biasa mengatasi UNBK dan sudah ikut pelatihan ke Makassar dari Kemendikbud,” pungkas Usep yang juga menjadi Plt Kepsek SMAN 1 Balaraja. (mg-10)

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here