Home OLAHRAGA Tes Pramusim MotoGP 2019, Rins Sudah Siap Menang

Tes Pramusim MotoGP 2019, Rins Sudah Siap Menang

0
SHARE
TAHUN JUARA: Alex Rins mengincar gelaran MotoGP 2019 sebagai tahun prestasi buat tim Suzuki dengan meraih gelar juara.

Tim Suzuki Ecstar sedang di atas angin. Raihan apik pebalap mereka, Alex Rins, di hari kedua tes pramusim di sirkuit Losail, Qatar, kemarin memberi sinyal mereka sudah siap bertarung musim ini. Rins bahkan berkoar sudah siap jika balapan pertama musim ini harus dilangsungkan besok pagi.

Kemarin pebalap 23 tahun tersebut menjadi yang tercepat dengan catatan waktu 1 menit 54,593 detik. Sementara itu, rekan setimnya yakni rookie Joan Mir finis di posisi sebelas dengan membukukan catatan waktu terbaik terpaut 0,687 detik dari Rins.

Rins menjelaskan, performa apiknya di Losail ini salah satunya adalah buah dari kerja keras tim di tes pramusim sebelumya yakni di Sepang. Saat itu, dua pembalap Suzuki diperkenankan untuk mencoba berbagai macam settingan motor. Itu demi Rins dan Mir mampu segera menentukan yang terbaik untuk mereka gunakan musim ini.

“Motor kami membaik di berbagai sisi,” ucap Rins dilansir GPOne. “Terutama di stabilitas saat pengereman dan speed maksimum,” tambah pebalap asal Spanyol tersebut. Rins menambahkan, dua sektor itu menjadi bagian paling lemah bagi motor GSX-RR mereka musim lalu.

Rins kini bahkan menyebut sudah siap seandainya grand prix pertama harus berlangsung besok. Seperti yang dia katakan sejak awal, target utama dirinya dan tim saat ini adalah merengkuh podium tertinggi.

Musim lalu, Rins memang sukses lima kali naik podium. Tapi hanya podium kedua yakni tiga kali dan podium ketiga sebanyak dua kali. Rins di klasemen akhir pembalap musim lalu bertengger di posisi kelima.

“Tapi kami harus tetap sabar,” ucap Rins. Dia menyebut semua pembalap tentu ingin memenangi balapan pertama musim ini di Qatar pada 10 Maret mendatang. Andai kata Suzuki gagal di balapan pertama, dia juga mengaku tidak akan khawatir. “Karena masih ada 18 balapan lainnya sudah menanti,” tambah runner up Moto2 2015 tersebut.

Di lain sisi, pebalap Monster Energy Yamaha, Maverick Vinales yang finis tercepat di hari pertama kemarin harus puas hanya menduduki posisi kedua. Catatan waktu terbaiknya terpaut 0,057 detik dari Rins.

Namun, berbeda jauh dengen Vinales, rekan setimnya yakni Valentino Rossi sampai hari kedua kemarin masih kesulitan menemukan performa terbaik. Rossi kemarin finis di posisi 19 dengan catatan waktu terpaut +1,202 detik dari Rins.

Di hari pertama kemarin lusa, catatan waktu Rossi juga tidak terlalu memuaskan. Dia hanya menduduki posisi kelima dengan catatan waktu 1 menit 55,604 detik. Terpaut 0,553 detik dari Vinales yang menjadi tercepat di hari pertama.

“Aku mulai khawatir. Itu karena aku masih terlalu lambat,” ucap Rossi. “Aku harus lebih fokus lagi,” tambahnya. (jpg/apw)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here