Home NASIONAL Jelang Debat, Kedua Capres Sama-sama Rileks, Jokowi Ngantor, Prabowo Kampanye

Jelang Debat, Kedua Capres Sama-sama Rileks, Jokowi Ngantor, Prabowo Kampanye

0
SHARE
GLADI DEBAT: Zulfikar Naghi dan Retno Pinasti, moderator yang akan memimpin debat keempat saat gladi resik, Jumat malam (29/3) di Hotel Shangrila, Jakarta. FOTO: Fedrik Tarigan/Jawapos

Pengalaman debat pertama dan kedua membuat calon presiden petahana Joko Widodo (Jokowi) dan penantangnya Prabowo Subianto lebih rileks dalam menghadapi debat ke empat. Debat akan digelar di Hotel Shangri-La, Jakarta, Sabtu malam (29/3). Kemarin (29/3), keduanya memilih menjalani rutinitasnya masing-masing dibandingkan melakukan simulasi seperti debat-debat sebelumnya.

Calon presiden nomor urut 01 Jokowi memilih menjalankan aktivitas seharian di Istana Bogor. Selain istirahat usai melakukan rangkaian kampanye akbar sejak Minggu (24/3) lalu, Jokowi juga menuntaskan tugas utamanya sebagai presiden. Dia mengaku harus menyelesaikan tugas administrasi yang sudah hampir sepekan ditinggal kampanye.

“Kan banyak yang harus ditanda tangani. Banyak harus dicek, terutama berkaitan dengan administrasi pemerintahan. Mulai dari pagi tadi urusannya itu,” ujarnya usai salat Jumat di Masjid Baitussalam Komplek Istana Kepresidenan Bogor, kemarin.
Jokowi mengatakan, sudah tidak perlu melakukan simulasi seperti sebelumnya. Menurutnya, simulasi hanya dibutuhkan di debat awal. “Enggak lah, dulu awal itu aja dengan Kyai Maruf kita melakukan simulasi, biasa saja,” imbuhnya.

Mantan Walikota Solo itu menuturkan, dalam debat nanti malam, dirinya akan mengalir saja. Jika dirasa membutuhkan data, maka akan disampaikan. Namun jika tidak, maka tidak perlu menyampaikannya. “Dilihat saja besok malam. Apa sih yang harus disiapkan,” tuturnya.

Dalam kesempatan sebelumnya, Jokowi menyebut dirinya akan lebih banyak menceritakan pekerjaan dan kebijakan yang sudah dilakukan dalam 4,5 tahun belakangan. Khususnya dalam bidang pemerintahan, penguatan ideologi, keamanan, dan hubungan internasional.

Di sisi lain, Capres Prabowo Subianto masih disibukkan dengan agenda kampanye, sehari jelang debat. Capres nomor urut 02 itu melakukan kampanye tak jauh dari Jakarta, masing-masing di Kabupaten Karawang dan Kabupaten Bogor.

Pagi hari, Prabowo sudah bersama simpatisan dan pendukung di lapangan Galuh Mas, Karawang. Usai salat Jumat, Prabowo bersama pimpinan parpol koalisi melakukan kampanye akbar di stadion Pakansari, Cibinong, Bogor.

Juru Bicara BPN Prabowo-Sandi Nizar Zahro menyatakan, Prabowo memang sudah mempersiapkan agenda kampanye di dua wilayah itu. Menghadapi debat keempat yang berlangsung malam ini, tidak ada persiapan penting yang dilakukan.

“Menghadapi debat keempat, tidak ada persiapan khusus. Saat ini, Beliau masih keliling Indonesia, berkempanye dan sekaligus menyerap kehendak rakyat,” kata Nizar.

Ia menyatakan, khusus debat keempat memang tidak perlu ada persiapan khusus. Hal ini karena tema terkait ideologi, pemerintahan, hankam dan hubungan internasional sangat dipahami oleh Ketua Umum Partai Gerindra itu.

“Pak Prabowo sangat familiar dengan tema nanti. Beliau dibesarkan sebagai militer sehingga sangat menguasai persoalan-persoalan yang berkaitan dengan ideologi, pemerintahan, keamanan, pertahanan dan hubungan internasional,” kata Nizar.

Menurut Nizar, dalam debat, Prabowo akan menyampaikan paparan yang mudah diterima masyarakat. Prabowo akan menyampaikan dalam pernyataan yang mudah dipahami masyarakat. Misalnya, Prabowo akan menekankan bahwa Indonesia harus sejajar dengan bangsa-bangsa lain di dunia. “Tidak boleh ada bangsa lain yang mendikte Indonesia. Termasuk hubungan dengan Tiongkok, kita menginginkan hubungan yang setara,” kata Nizar.

Sementara itu, kemarin malam KPU dan pihak televisi menyelenggarakan geladi kotor untuk debat hari ini. Tampak Hadir Komisioner KPU Wahyu Setiawan, juga kedua moderator Retno Pinasti dan Zulfikar Naghi. Geladi tersebut untuk memastikan kegiatan debat malam nanti akan berlangsung sesuai dengan rencana.

Grand Ballroom hotel Shangri-La kemarin telah disulap menjadi bernuansa merah putih. Ruangan yang cukup luas itu akan menampung 500 undangan. Sebanyak 200 tim hore capres dan 300 undangan KPU. juga para pewarta foto yang akan mengabadikan pertarungan ide para capres.

Kemarin, Kapolda Metro Jaya Irjen Gatot Eddy Pramono kemarin juga mendatangi hotel tempat penyelenggaraan debat. Bersama sejumlah bawahannya, dia meninjau sejumlah titik di hotel tersebut sebagai bagian dari persiapan pengamanan.

Gatot menjelaskan, pihaknya all out dalam mengamankan jalannya debat Bersama TNI. ’’Kami melibatkan 5.000 personel gabungan antara Polri dan TNI,’’ terangnya di sela peninjauan. Sejumlah personel akan ditempatkan di dalam dan di luar Gedung. Juga di sejumlah titik di Jakarta yang berkaitan dnegan lokasi debat.

Ditlantas Polda Metro Jaya juga sudah menyiapkan rekayasa lalu lintas. Khusunya di sekitar hotel Shangri-La yang menjadi loaksi debat. ’’Mungkin di depan hotel kami hanya buat satu arah saja, dari Sudirman,’’ lanjutnya. Ditlantas juga menyiapkan jalur bagi para capres dari titik keberangkatan sampai ke hotel.
(jpg)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here