Home BANTEN WH Minta PKL Jalur Palima-Baros Ditertibkan

WH Minta PKL Jalur Palima-Baros Ditertibkan

0
SHARE
SIDAK JALAN: Gubernur Banten Wahidin Halim didampingi beberapa kepala OPD saat sidak di Jalan di kawasan Palima, Kota Serang, Rabu (10/4). FOTO: ARTP Banten for Banten Ekspres

SERANG – Gubernur Banten, Wahidin Halim (WH) menginstruksikan kepada Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Banten menertibkan pedagang kaki lima (PKL) di sepanjang jalur Palima-Baros. Hal itu disampaikan WH di sela-sela melakukan inspeksi mendadak (sidak) di Jalan Raya Serang-Pandeglang, Palima, Kota Serang, Rabu (10/4).

Dalam sidak tersebut, WH didampingi beberapa kepala organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkungan Pemprov Banten seperti Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman (DPRKP) Banten, M. Yanura; Kepala Satpol PP Banten, M basri; dan Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Banten, Ali Nurtopo.

Sidak dimulai sekira pukul 07.00 WIB dari titik depan gedung Bank Indonesia, Palima. WH meninjau sejumlah titik yang tengah dibersihkan dan ditertibkan. Kemudian, WH memerintahkan para kepala OPD untuk pembersihan dan penertiban sesuai tugas pokok dan fungsi (tupoksi) masing-masing OPD.

Menurut WH, dirinya menginginkan sepanjang jalur Palima-Baros bersih dari PKL, sehingga tidak mengganggu kenyamanan dan kemanan lalulintas di sepanjang jalur tersebut. Ia menilai saat ini para PKL masih memadati bahu-bahu jalan.

“Bersihkan, sterilkan itu pedagang kaki lima di sepanjang jalan untuk mengurangi kemacetan,” kata WH.

Selain menertibkan PKL, WH juga memerintahkan Satpol PP untuk menertibkan spanduk, baliho, dan alat peraga kampanye (APK) liar sepanjang jalur Palima-Baros. “Pokoknya saya pengen kelihatan indah, estetikanya harus ada. Tertibkan yang masih liar,” ujarnya.

WH juga meminta Dinas PRKP Banten, Dinas Pertanian Banten, dan Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Banten untuk membersihkan rumput-rumput liar yang memenuhi median dan bahu jalan serta menanaminya dengan tumbuhan dan pepohonan yang bagus.

“Biar kelihatan jalan menuju KP3B (Kawasan Pusat Pemerintahan Provinsi Banten) itu bersih, asri, dan nyaman dilalui. Nggak malu-maluin. Saya ingin ini jadi jalur protokol, jadi kondisinya harus selayaknya seperti jalur protokol,” katanya.

Untuk diketahui, kegiatan bersih-bersih dan penertiban jalur Palima-Baros merupakan hasil dari rapat evaluasi terbatas yang dilakukan di ruang rapat Gubernur Banten, KP3B, Curug, Kota Serang, Selasa (9/4). Rapat yang dipimpin langsung Gubernur WH tersebut dihadiri Pj Sekretaris Daerah (Sekda) Banten, Ino S. Rawita dan sejumlah kepala OPD lain.

Sementara, Kepala Satpol PP Banten, M. Basri mengaku siap menjalankan instruksi yang diberikan Gubernur Banten Wahidin Halim. Meski begitu, pihaknya akan melakukan pendekatan persuasif dalam penertiban PKL di sepanjang jalur Palima-Baros.

“Intinya kami siap, tapi dalam melakukan penertiban juga harus persuasif. Kalau bisa begitu lebih enak. Yah kalau masih bandel ada tindakan tegas,” katanya.

Terkait permintaan penertiban baliho, spanduk dan APK, kata Basri, hari ini sebagian spanduk akan dibersihkan. Sementara khusus APK akan dilakukan pada masa tenang. “Kalau spanduk, baliho liar hari ini (kemarin) kita bersihkan. Tapi untuk APK kan masih masa kampanye beberapa hari lagi, nanti pas masa tenang kita bersihkan,” ujarnya. (tb/tnt)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here