Home TANGERANG HUB Disperkimta Tahap Dua, Bedah 112 Rumah

Disperkimta Tahap Dua, Bedah 112 Rumah

47
0
SHARE

CIPUTAT-Sebanyak 112 rumah mulai dibangun oleh Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Pertanahan (Perkimta) Kota Tangsel. Rumah tersebut dibangun melalui program bedah rumah tahap kedua dan telah dimulai setelah Idul Fitri lalu.

Kepala Bidang Perumahan pada Dinas Perkimta Kota Tangsel Carsono mengatakan, 112 rumah yang dibangun merupakan program bedah rumah tahap dua. Sebelum lebaran sudah ada 87 rumah yang selesai dibangun. “112 rumah ini kita targetkan pembangunannya selesai Oktober mendatang,” ujarnya kepada Tangerang Ekspres, Selasa (9/7).

Carsono menambahkan, saat ini sebagian rumah yang akan dibangun sudah mulai dibongkar. Pemborong rumah tersebut adalah badan keswadayaan masyarakat (BKM) dan masyarakat yang mengerjakan. Satu rumah mendapat anggaran sebesar Rp 71 juta dari Perkimta.

Setelah dibongkar BKM akan mengajukan pencairan dana sebesar 40 persen untuk pembelian material bangunan. 40 persen termin kedua akan dicairkan bila 40 persen termin pertama sudah dilaksanakan. “Kalau pekerjaan sudah 100 persen, sisanya 20 persen akan dicairkan untuk pertanggungjawaban BKM,” tambahnya.

Menurutnya, satu rumah maksimal memerlukan waktu pengerjaan selama 1,5 bulan. Saat dibongkar, warga yang rumahnya dibongkar akan pindahkan oleh BKM ke rumah saudaranya atau dikontrakkan ketempat lain. Biaya untuk mengontrak rumah juga menggunakan anggaran tersebut.

Anggaran Rp 71 juta ini juga digunakan untuk ongkos tukang, pembelian material bangunan, jasa perencanaan dan pengawasan. Rumah yang dibedah menurut Carsono adalah warga yang sudha berusia sepuh, tidak punya pengahasilan tetap, warga Tangsel yang dibuktikan dengan bukti kepemilikan tanah, akta dan artu keluarga (KK).

Selain itu, rumah yang dibedah kondisi sangat tidak layak huni, dan semuanya telah melalui tahapan verifikasi rumah tidak layak huni. Sedangkan rumah yang rusak ringan dan sedang tidak dilayani dulu. “Termasuk, luas tanah yang bisa mendapat bantuan bedah rumah maksimal 120 meter persegi,” tuturnya.

Sebelumnya, 87 rumah selesai dibangun dalam program bedah rumah yang dilakukan Perkimta Kota Tangsel dan sudah ditempati masyarakat sebelum Idul Fitri lalu. Pembangunan rumah dalam program bedah rumah yang dilakukan merupakan usulan dari warga saat Musrenbang sebelumnya. (bud)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here