Beranda PENDIDIKAN MPLS SMPN 1 Kresek, Kenalkan Ekskul ke Siswa Baru

MPLS SMPN 1 Kresek, Kenalkan Ekskul ke Siswa Baru

0
BERBAGI
PENGENALAN EKSKUL: MPLS SMPN 1 Kresek, Kabupaten Tangerang diisi dengan berbagai kegiatan positif, salah satunya pengenalan ekskul, kemarin. FOTO: Mas Deden Budiman/Tangerang Ekspres

KRESEK – Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) sudah tidak boleh melakukan kekerasan kepada calon siswa baru. MPLS harus menyajikan dengan beragam kegiatan positif, inovatif dan bermanfaat. MPLS yang setiap kegiatannya langsung dipandu oleh guru atau pembina organisasi yang didatangkan dari lembaga berkompeten.

Dalam kerangka itu, SMPN 1 Kresek, Kabupaten Tangerang berinisiatif menyelenggarakan MPLS dengan memberikan berbagai manfaat bagi siswa baru. Siswa dikenalkan dengan lingkungan sekolah baru, dikenalkan dengan berbagai ekskul yang dimiliki SMPN 1 Kresek, seperti Paskibra, PMR, Pramuka, Olahraga, Rohis dan juga Kesenian.

“Tujuannya adalah untuk menanamkan sikap positif dan semangat belajar siswa selama menempuh kegiatan belajar di SMPN 1 Kresek. Siswa juga diajak berperan aktif untuk menentukan kegiatan positif apa saja yang mereka ingin kerjakan selama berada di sekolah ini,” ungkap Supardi, Kepala SMPN 1 Kresek, saat memberikan sambutan pembukaan MPLS SMPN 1 Kresek, kemarin.

Lebih lanjut Supardi memaparkan, materi yang diberikan adalah karakter kebangsaan, akhlak kepribadian, motivasi belajar disesuaikan dengan visi misi sekolah, mengenal sembilan kecerdasan, manajemen diri atau mengenal potensi minat dan bakat, serta entrepeneurship dan membuat peta cita-cita.

“MPLS di SMPN 1 Kresek diisi dengan beragam kegiatan. Satu di antaranya adalah demo ekskul. Acara ini dilaksanakan di halaman sekolah dengan menghadirkan seluruh kegiatan ekskul. Acara ini mendapatkan sambutan luar biasa dari calon siswa baru,” terang Supardi.

Setiap ekskul didampingi senior ekskul yang akan memberikan penjelasan mengenai masing-masing profil ekskul, kepengurusan, kegiatan dan prestasi yang pernah diraih, baik dari tingkat Kecamatan Kresek, Kabupaten Tangerang,hingga ketingkat nasional.

Dalam acara ini, peserta didik baru dapat mengenal lebih dekat dan diberikan kesempatan seluas-luasnya untuk memilih ekskul manakah yang sesuai dengan keinginan mereka masing-masing.

Untuk menarik calon anggota, setiap pemandu ekskul harus pandai-pandai memberikan penjelasan mengenai kegiatan ekskulnya. Kepada calon anggota diberikan kesempatan untuk bertanya sebanyak-banyaknya, sehingga ketika mereka menjatuhkan pilihannya tidak akan salah pilih.

Dengan demikian, mereka akan bisa maksimal mengeksploitasi bakat dan kemampuannya ketika sudah bergabung dengan kegiatan ekskul pilihannya itu. Sekolah mewajibkan kepada setiap siswa untuk mengikuti kegiatan ekskul. (mas)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here