Home BANTEN 35 Wajah Baru DPRD Kota Serang

35 Wajah Baru DPRD Kota Serang

106
0
SHARE

SERANG-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Serang menetapkan 45 calon legislatif (caleg) terpilih. Dengan penetapan ini, caleg tinggal menunggu pelantikan pada 3 September mendatang. Dari daftar rekapitukasi suara yang dilakukan KPU, 45 caleg terpilih terdiri ada 30 wajah baru, dan 15 petahana. Partai Gerindra dan Golkar berhasil mendapatkan tujuh kursi. Hanya saja, Gerindra berhasil menjadi pemenang dengan raihan 61.125 suara, sedangkan Golkar meraih 52.252 suara.

Kursi terbanyak ketiga diraih NasDem dengan meraih 6 kursi. Disusul PKS dengan lima kursi. Sementara PDIP, PKB, Demokrat dan PAN sama-sama mendapatkan empat kursi. Kemudian, PPP tiga kursi. Sisanya diraih Partai Berkarya dan Hanura dengan masing-masing satu kursi. “Kita baru saja menetapkan pleno caleg terpilih dan perolehan kursi untuk DPRD Kota Serang. Berkas caleg terpilih sebanyak 45 orang ini akan kita kirim ke Gubernur Banten melalui Walikota Serang,” kata Ketua KPU Kota Serang Ade Jahran kepada awak media seusai acara rapat pleno penetapan perolehan kursi dan calon terpilih anggota DPRD Kota Serang pada Pemilu 2019, di salah satu hotel di Kota Serang, Senin (22/7).

Sedangkan untuk rekapitulasi terakhir Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN), lanjut dia, secara keseluruhan dari 45 caleg terpilih semuanya sudah menyerahkan tanda terima LHKPN ke KPU. “Jadi semuanya sudah tidak ada masalah, nanti kita juga akan dilampirkan ke gubernur melalui walikota,” jelasnya. Hasil rapat pleno ini, kata dia, tidak ada yang protes. “Pleno berjalan dengan lancar, tidak ada satu partai pun yang protes dan keberatan,” katanya.

Untuk partisipasi pemilih mengalami peningkatan yang cukup tinggi, dibandingkan dengan Pilkada Kota Serang. “Partisipasi pemilih Alhamdulilah mencapai 82,02 persen meningkat atau melebihi dari target 77,5 persen. Jadi ini melebihi target nasional,” jelasnya. Sementara itu, Komisioner KPU M Fahmi Musyafa menambahkan, dengan pleno penetapan tersebut, maka semua proses pemilu sudah selesai. “Masing-masing peserta, baik caleg atau parpol akan mendapatkan salinan resminya,” kata Fahmi.

Pihaknya bersyukur semua tahapan Pemilu 2019 di Kota Serang berjalan baik dan lancar. Mulai dari pendaftaran, verifikasi peserta pemilu, pencalonan anggota DPRD Kota Serang serta penataan dan penerapan daerah pemilihan. Kemudian, tahap pemutakhiran data pemilih, sosialisasi, kampanye, pemungutan suara, rekapitulasi hingga penetapan perolehan kursi dan calon terpilih. “Semuanya telah berpartisipasi dan membangun atmosfir demokrasi di Kota Serang dengan positif sehingga Pemilu 2019 di Kota Serang berjalan lancar dan tanpa gugatan ke MK,” katanya. (mg-04)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here