Home TANGERANG HUB Sapi Kurban Jokowi dari Karang Tengah, Harga Rp90 Juta Beratnya 1,2 Ton

Sapi Kurban Jokowi dari Karang Tengah, Harga Rp90 Juta Beratnya 1,2 Ton

0
SHARE
SEHAT: Sapi milik Presiden Jokowi yang dibeli dari Matruzi warga Kecamatan Karang Tengah dinyatakan sehat setelah tim dari Dinas Ketahanan Pangan melakukan serangkaian pemeriksaan, Senin (23/7). FOTO: Randy/Tangerang Ekspres

TANGERANG – Presiden Joko Widodo membeli sapi kurban dari pedagang di Karang Tengah, Kota Tangerang. Sapi yang dipilih presiden memiliki berat 1,2 ton. Orang nomar satu di Indonesia akan menyerahkan sapi tersebut ke Serang, Banten saat Idul Adha nanti.

Matruzi, pemilik sapi mengungkapkan, Presiden Jokowi membelinya seharga Rp90 juta. Ini bukan pembelian pertama. Bahkan dia telah menerima orderan sapi dari Presiden Jokowi sebanyak 3 kali setiap Idul Adha.

“Pak Jokowi beli sapi di saya tanggal 17 Juli lalu, beliau sudah 3 kali membeli sapi di tempat saya. Kebetulan saya mendapatkan orderan dari teman buat presiden yang mencari sapi dengan ukuran besar dan kebetulan saya punya,”ungkapnya.

Matruzi menambahkan, sapi yang dibeli Pak Jokowi berjenis sapi Simmental atau Swiss Fleckvieh. Harga sapi tersebut bisa mencapai Rp100 juta lebih, bahkan dengan harga segitu banyak yang mencari sapi dengan jenis Simental.

“Sapi ini saya rawat sejak kecil, sekarang sudah berusia 4 tahun dengan bobot hingga 1,2 ton. Rencananya sapi ini akan dibawa ke Masjid Banten Lama untuk dikurbankan di sana,”pungkasnya.

Sebelum disalurkan untuk disembelih, sapi kurban millik presiden tak luput dari pemeriksaan petugas kesehatan hewan dari Dinas Ketahanan Pangan Kota Tangerang. Kemarin (22/7), petugas melakukan serangkaian pemeriskaan

Pemeriksaan bertujuan mengecek semua kelayakan dan kesehatan hewan kurban sebelum disembelih. Bahkan, pengecekan kesehatan tersebut rutin dilakukan menjelang Hari Raya Idul Adha.

Kepala Bidang Pertanian, Dinas Ketapang Ibnu Ariefyanto mengatakan, pengecekan untuk mengetahui apakah hewan kurban yang dipasarkan layak atau tidak untuk dijual dan juga dijadikan hewan kurban.

“Kita melakukan cek kesehatan ini rutin mejelang Idul Adha, kami ingin memastikan hewan kurban yang ada di Kota Tangerang layak dijual. Bahkan sejauh ini kami melakukan pemeriksaan belum ditemukan pelanggaran yang dilakukan penjual hewan kurban,”ujarnya saat ditemui Tangerang Ekspres.

Ibnu menjelaskan, untuk sapi milik Presiden Joko Widodo juga dilakukan cek kesehatan dan kelayakan untuk dijadikan hewan kurban. Hasil cek kesehatan, sapi Jokowi itu dinyatakan sehat dan bisa untuk menjadi hewan kurban.

“Kalau dari usia sapi milik Pak Presiden sudah layak yakni 4 tahun. Dari kesehatan sudah kami cek ternyata tidak ada masalah. Maka itu kami nyatakan sapi milik Pak Jokowi sehat dan bisa untuk hewan kurban,”paparnya.(mg-9)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here