Beranda BANTEN Sukseskan Kampung Bersih dan Aman, Bhabinkamtibmas dan Babinsa Dikerahkan

Sukseskan Kampung Bersih dan Aman, Bhabinkamtibmas dan Babinsa Dikerahkan

0
BERBAGI
Danrem 064/MY Kolonel Inf Windiyatno berfoto bersama dengan Direktur Radar Banten dan Banten Raya Tv Mashudi didampingi Dandim 0602/Serang Letkol Inf Erwin Agung TWA, Dandim 0623/Cilegon Letkol Arm Rico Ricardo dan para Danramil, di Makorem 064/MY, Kota Serang, Kamis (8/8). FOTO: Qodrat/Radar Banten

SERANG – TNI dan Polri berisinergi untuk menyukseskan program Kampung Bersih dan Aman di Kabupaten Serang.

Kapolda Banten dan Danrem O64 Maulana Yusuf (MY) mengerahkan bhayangkara pembina keamanan dan ketertiban masyarakat (Bhabinkamtibmas) dan bintara pembina desa (Babinsa). Mereka ikut mendorong aparatur desa, perangkat lingkungan, dan masyarakat untuk berpartisipasi.

Danrem 064 MY Kolonel Inf Windiyatno mengumpulkan para Danramil di Makorem 064 MY, Jalan Maulana Yusuf, Kota Serang, Kamis (8/8). Danrem juga mengundang Dandim 0602/Serang Letkol Inf Erwin Agung dan Dandim 0623/Cilegon Letkol Inf Rico R Sirait. Ini wujud pernyataan Windiyatno sebelumnya, Radar Banten edisi 8 Agustus, untuk menyukseskan lomba Kampung Bersih dan Aman. TNI ikut mendorong masyarakat untuk hidup bersih dan kreatif. Pertemuan ini sekaligus sosialisasi Kampung Bersih dan Aman tingkat Kabupaten Serang yang digagas Radar Banten, Polda Banten, dan Pemkab Serang.

Danrem 064/MY Kolonel Inf Windiyatno bersama Direktur Radar Banten dan Banten Raya Tv Mashudi saat memberikan penjelasan tentang Kampung Bersih dan Aman.

“Saya minta para Danramil mendukung program ini. Para Babinsa harus turun, harus mengedukasi masyarakat untuk mengubah perilaku agar hidup bersih,” pinta Danrem tegas. “Fokusnya edukasi. Mudah-mudahan desa bersih, kampung bersih, jalan bersih. Insya Allah, masyarakatnya sehat,” sambungnya.

Mengubah perilaku dan karakter masyarakat itu, diakui Windiyatno sangat sulit. Oleh karenanya, perwira menengah TNI AD asal Pemalang ini kembali menyampaikan janjinya untuk memberikan hadiah bagi Koramil yang lingkungan RW di wilayah teritorialnya menjadi juara. “Hadiahnya apa, itu rahasia. Hadiah ini untuk Koramil dan Babinsa yang wilayahnya juara,” ujar Danrem sambil tersenyum.

Sosialisasi Kampung Bersih dan Aman kepada jajaran Korem 064 MY disampaikan Direktur Radar Banten Mashudi. Secara detail dan rinci, program ini disampaikan. Mulai tahap sosialisasi, workshop, launching, hingga penilaian tahap pertama dan kedua oleh 40 juri. Kampung Bersih dan Aman tingkat Kabupaten Serang ini diikuti oleh 326 RW dari 326 desa. Lomba ini diharapkan bisa menjadi sarana untuk mengubah perilaku masyarakat agar mencintai kebersihan dan keamanan lingkungannya.

Dukungan TNI terhadap Kampung Bersih dan Aman, karena diakui Dandim 0623/Cilegon Letkol Inf Rico R Sirait, menjadi langkah positif. Sebab, dikomprehensifkan dengan TNI. “Program yang baik. TNI-Polri disinergikan. Lagian, kita punya sektor tanggung jawab terkait pembinaan teritorial, khususnya keamanan dan ketertiban demografi yang ada di wilayah kita (TNI-red). Akan kita sukseskan. Akan saya kumpulkan Babinsa supaya pilih dan dorong RW dan kepala desa, supaya ikut kembangkan potensi di RW atau desa. Untuk diikutkan (dalam Kampung Bersih dan Aman-red),” ungkapnya usai acara.

Dirbinmas Polda Banten Kombes Pol Oki Waskito (berdiri) saat memberi arahan kepada personel Babhinkamtibmas Polres Serang Kota di aula Polres Serang Kota beberapa waktu lalu. Foto: Binmas Polda Banten For Radar Banten

Keseriusan menyukseskan Kampung Bersih dan Aman di Kabupaten Serang juga ditunjukkan Polda Banten. Jumat (5/7) lalu, ratusan Bhabinkamtibmas Polres Serang, Polres Serang Kota, dan Polres Cilegon dikumpulkan. Tujuannya sama, setiap Bhabinkamtibmas mendorong perangkat desa dan lingkungan mengikuti Kampung Bersih dan Aman “Sudah dilaksanakan di masing-masing Polres,” kata Direktur Pembinaan Masyarakat (Binmas) Polda Banten Komisaris Besar (Kombes) Oki Waskito kepada Radar Banten, Kamis (8/8).

Oki bahkan mengaku telah mengarahkan seluruh Bhabinkamtibmas terlibat aktif dalam pembentukan kelompok sadar lingkungan dan kelompok sadar hukum di Kabupaten Serang. “Target peserta ada 326 RW. Harapannya, kegiatan tersebut dapat berjalan dengan baik,” katanya.

Menurut Oki, Kampung Bersih dan Aman berkaitan erat dengan pembangunan kapasitas kinerja polisi di wilayah desa atau kelurahan untuk menciptakan situasi kamtibmas yang kondusif. “Sekaligus wujud dari promoter Polri,” ucapnya. (wid-don-nda)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here