Beranda TANGERANG HUB Airin Salat Iduladha di Balai Kota, Ajak Warga Rela Berkorban

Airin Salat Iduladha di Balai Kota, Ajak Warga Rela Berkorban

0
BERBAGI
SERAHKAN SAPI: Walikota Airin Rachmi DIany didampingi kedua anaknya TB Ghifari dan Ratu Ghefira menyerahkan hewan kurban sapi kepada pengurus masjid Al Huda, di balai kota, kemarin. FOTO: Miladi Ahmad/Tangerang Ekspres

CIPUTAT-Walikota Tangsel Airin Rachmi Diany bersama putranya Tubagus Ghifari Al Chusaeri Wardana dan putrinya Ratu Ghefira Marhamah Wardana melaksanakan salat Iduladha di halaman Balai Kota Tangsel, Minggu (11/8).

Airin dan Ghefira kompak menggunakan pakaian yang sama, yakni mengenakan baju bermotif polkadot dibalut celana serta jilbab warna oranye senada.

Selain itu, juga tampak Kapolres Tangsel AKBP Ferdy Irawan, Kepala Disperindag Kota Tangsel Maya Mardiana, Kepala Dinsos Kota Tangsel Wahyunoto Lukman, dan pejabat lainnya, serta masyarakat.

Dalam sambutannya Airin mengatakan, hari raya Iduladha memiliki kandungan spirit dan hikmah yang sangat dalam yang akan memberikan kemaslahatan jika kita aplikasikan dalam kehidupan bermasyarakat. “Tidak terkecuali dalam konteks kehidupan masyarakat di Kota Tangsel,” ujarnya, Minggu (11/8).

Airin menambahkan, ada tiga makna yang dapat kita gali dari Iduladha. Pertama, Iduladha mengajarkan kepada kita tentang semangat untuk rela berkorban. Semangat rela berkorban adalah sebuah semangat yang dilandasi adanya niat tulus kita untuk berusaha tidak melihat sesuatu dari sisi apa manfaatnya bagi kita pribadi.

Semangat rela berkorban mengarahkan kita untuk senantiasa mendahulukan kepentingan yang lebih besar daripada kepentingan diri sendiri. Semangat ini menjadi diperlukan dan semakin relevan dalam situasi dan kondisi pergaulan masyarakat yang cenderung lebih mengutamakan kepentingan pribadi.

Kedua, Idul Adha mengajarkan spirit kepedulian sosial. Nilai ini memberikan pelajaran kepada kita untuk senantiasa memiliki kepekaan terhadap lingkungan sekitar, dan bersedia berbagi untuk mengurangi penderitaan orang lain.

“Semangat ini tentunya menjadi menemukan momentumnya di tengah realitas sosial yang menunjukan kepada kita tentang adanya perbedaan dan kesenjangan di dalam kehidupan bermasyarakat,” tambahnya.

Terakhir, Iduladha mengandung hikmah yang pada intiya menuntun kita untuk senantiasa menjadi individu-individu yang patuh, dengan senantiasa dilandasi sikap sabar dan tawakkal. Prinsip kepatuhan dan ketaatan ini sangat penting untuk diterapkan di dalam masyarakat yang saat ini cenderung mengarah kepada sifat permisif dan abai terhadap nilai, norma, ketentuan dan peraturan.

Ibu dua anak ini berharap dan mengajak seluruh elemen masyarakat, khususnya umat muslim yang ada di Kota Tangsel untuk memaknai Iduladha secara mendalam. Serta mengimplementasikan nilai-nilainya dalam kehidupan bermasyarakat.

Dengan mengimplementasikan spirit pengorbanan, kepedulian dan kepatuhan, kita dapat mewujudkan Kota Tangsel sebagai rumah kita, sebagai tempat tinggal kita bersama yang memberikan kedamaian, kebahagiaan, keberkahan, kemakmuran dan keadilan bagi kita semua.

“Sebagai insan yang beriman, kita berharap, implementasi nilai-nilai ini akan menuntun kita untuk menjadi pribadi-pribadi yang lebih dekat kepada-nya, menjadi individu-individu yang lebih berserah diri kepada-nya dan menjadi insan-insan yang lebih mengharapkan ridho-nya,” tuturnya.

Pantauan Tangerang Ekspres di lokasi, dalam salat Idualadha tersebut bertindak sebagai Khatib adalah Guru Besar Ushuluddin UIN Syarif Hidayatulla Jakarta, Ridwan Lubis, dan sebagai Imam adalah Ustaz Fathul Amam.

Setelah salat Iduladha, Arin yang diwakilkan putraknya menyerahkan sapi sebagai hewan qurban kepada pengurus DKM Masjid Al Huda. Sapi yang diserahkan adalah jenis Limosin dengan berat sekitar 800 kg.

Penyerahan hewan kurban selanjutnya diberikan Ketua DPRD kepada pengurus DKM Al Iklas, jenis sapinya juga Limosin dengan berat sekitar 900 Kg. Selanjutnya, Sekda Kota Tangsel Muhamad memberikan hewan kurban sapi kepada pengurus DKM Nurul Hikmat, Kapolres Tangsel AKBP Ferdy Irawan menyerahkan sapi kepada perwakilan Wali Care Foundation. (bud/esa)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here