Home OLAHRAGA Indonesia vs Laos (2-1), Mengejar Kesempurnaan

Indonesia vs Laos (2-1), Mengejar Kesempurnaan

0
SHARE
MENANG BERUNTUN: Pemain timnas U-18 Supriyadi (kiri) terus menunjukkan penampilan menawan dengan meraih kemenangan keempat saat menghadapi Laos pada babak penyisihan Grup A Piala AFF 2019.

TIMNAS U-18 memang sudah memastikan diri lolos ke semifinal Piala AFF U-18 2019. Namun, tugas Garuda Nusantara-julukan timnas U-18 belum tuntas. Mereka masih menyisakan satu laga di fase grup A. Lawan terakhir yang dihadapi David Maulana dkk adalah Myanmar. Duel terakhir grup A itu akan berlangsung sore di Thong Nhat Stadium, Ho Chi Min City.

Myanmar juga sudah memastikan diri lolos ke semifinal. Kepastian lolos itu diperoleh tadi malam seiring kemenangan 2-0 atas Brunei Darussalam. Sementara itu, Garuda Nusantara yang bermain kemarin sore di Thong Nhat Stadium, lolos setelah mengalahkan Laos dengan skor 2-1.

Laos unggul terlebih dahulu melalui tembakan dari luar kotak penalti Alounnay Lounlasy pada menit ke-69. Tiga menit berselang, Bagus Kahfi menyamakan kedudukan setelah mendapat assist dari Sutan Zico. Tiga poin didapat timnas setelah bek Laos Anoulack Vannalath mencetak gol bunuh diri pada injury time 90+1.

Pelatih timnas Fakhri Husaini menilai Laos memiliki pertahanan yang bagus. Ini membuat timnya kesulitan untuk melakukan serangan. Namun, timnya berhasil mendapatkan momentum usai kebobolan.

“Itu yang membuat kami sedikit kesulitan untuk mengembangkan permainan. Dalam menekan, mereka membagi dua grup, lima menyerang dan lima lagi diam menjaga daerah pertahanannya,” ujar Fakhri. “Ini pengalaman lagi bagi mereka saat menghadapi tim yang bermain seperti Laos. Mereka harus bisa bermain lebih disiplin dan tenang dalam menyerang,” ujarnya.

Hasil seri melawan Myanmar besok, sebetulnya sudah cukup untuk mengamankan status sebagai juara grup. Sebab, meski memiliki poin yang sama, tapi Garuda Nusantara unggul selisih gol. Fakhri pun menegaskan, bahwa anak asuhnya tetap mengincar kemenangan di matchday terakhir grup A besok.

Status juara grup juga membuat timnas terhindar dari bentrok melawan Australia. Saat ini, Australia masih menempati posisi puncak klasemen sementara grup B.

“Tapi, kami siap melawan siapapun lawan kami di semifinal. Kami harus fokus lebih dahulu melawan Myanmar di pertandingan terakhir Grup A,” imbuhnya. (jpg/apw)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here