Home BANTEN Kampung Kramat Timur Berbenah

Kampung Kramat Timur Berbenah

0
SHARE

KRAGILAN – Pengurus dan warga RW 02, Kampung Kramat Timur, Desa Kramatjati, Kragilan, akan membenahi dan mempercantik kampungnya. Kesepakatan mereka ini untuk menyambut Kampung Bersih dan Aman Kabupaten Serang 2019. RW 02, Kampung Kramat Timur, akan bersaing dengan 325 RW lain di Kabupaten Serang.

Ketua RW 02, Kampung Kramat Timur, Jaka Permana menjelaskan bahwa lingkungan yang ia pimpin memiliki dua RT. Yakni, RT 03 dan RT 04.

Jaka mengutarakan, kesediaan warganya untuk bersama-sama melaksanakan kegiatan gotong royong membenahi lingkungan perkampungan mereka dicapai ketika rapat bersama, beberapa waktu lalu. Di antaranya, membersihkan saluran drainase yang jalan-jalan Kampung Kramat Timur. Serta, menghidupkan kembali sistem keamanan lingkungan (siskamling).

“Karena kami, RW 02, merupakan salah satu RW di Desa Kramatjati yang ikut dalam lomba Kampung Bersih dan Aman. Maka dari itu, kami akan mengajak warga kami melakukan gotong royong dan Siskamling,” katanya, Selasa (18/8).

Dalam waktu dekat, menurut Jaka, pengurus RW dan RT 03 serta RT 04 akan menggerakkan seluruh warganya untuk bergotong royong membersihkan saluran drainase di lingkungan masing-masing. Kebersihan saluran pembuangan menjadi penting dalam menjaga kebersihan kampung dan kesehatan warganya.

Buruknya saluran drainase, pada musim kemarau bisa menjadi sebab penyakit demam berdarah dengue (DBD) mewabah. Saluran drainase yang mampat, menjadi sarang nyamuk penyebar penyakit tersebut untuk berkembang biak.“Enam bulan lalu, di Kampung Kramat Timur sudah ada tiga warga yang terjangkit DBD,” ungkap Jaka.

Ketika musim hujan pun, saluran drainase yang tidak berfungsi dengan baik akibat sampah, memicu banjir. Wargalah yang merugi. Karenanya, pengurus RW dan RT di Kampung Kramat Timur menjadikan saluran drainase yang bersih dan berfungsi dengan baik sebagai salah satu andalan RW 02 dalam Kampung Bersih dan Aman Kabupaten Serang 2019.

Keindahan perkampungan juga menjadi andalan RW 02, Kampung Kramat Timur. Untuk menciptakannya, pagar rumah-rumah warga akan dicat ulang. Bermacam warna akan digunakan untuk mempercantik Kampung Kramat Timur. “Nanti, kita akan agendakan kegiatan gotong-royong. Akan rutin dilakukan, dua kali dalam satu minggu,” jelas Jaka.

Keamanan kampung juga tak lepas dari perhatian. Pengurus RW dan RT bersama warga akan menggiatkan ronda malam di Kramat Timur.

Untuk menunjang kegiatan tersebut, kelompok pemuda sadar hukum pun akan dibentuk oleh pengurus RW. Anggotanya, tokoh pemuda, tokoh masyarakat, dan warga RW 02, Kampung Kramat Timur.

Menurut Jaka, kelompok pemuda sadar hukum ini akan bertugas mencegah terjadinya tindak pidana yang melibatkan warga RW 02, Kampung Kramat Timur. Caranya, melalui pendekatan persuasif.

“Sebenarnya, kegiatan yang mengarah pada keamanan kampung sebelumnya sudah dilakukan dari dulu sampai sekarang. Di antaranya, Siskamling tiap satu malam, tamu wajib lapor dalam 1 x 24 jam, warga mengikuti pengajian rutin di masjid satu kali dalam satu bulan yang sudah berjalan satu tahun,” urai Jaka.

Jaka mengungkapkan bahwa, satu tahun terakhir ini, belum pernah terjadi suatu tindakan atau perbuatan warga yang mengarah pada gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat di RW 02, Kampung Kramat Timur. “Alhamdullilah, sejak satu tahun terakhir ini, di kampung masih aman-aman saja,” tandasnya. (jay/ang/don)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here