Home NASIONAL Siswi Kota Tangerang Dikukuhkan Jadi Paskibraka di Istana Negara

Siswi Kota Tangerang Dikukuhkan Jadi Paskibraka di Istana Negara

0
SHARE
DIKUKUHKAN: Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana Jokowi menyalami Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) usai dikukuhkan di Istana Negara, kemarin.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah mengukuhkan 68 anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) di Istana Negara, Jakarta, Kamis (15/8). Dua diantara 68 anggota paskibraka itu, warga Banten. Adilah Hana Khotimah dari Kota Tangerang dan Rafi Ahmad Falah dari Kota Cilegon. Hana (panggilan Adilah Hana Khotimah) adalah siswi SMA Negeri 7 Kota Tangerang. Sementara Rafi dari SMA IT Raudhatul Jannah, Kota Cilegon. Mereka akan menjalankan tugas besar, mengantarkan bendera Merah Putih, hingga berkibar saat upacara HUT RI ke-74 di Istana Merdeka, Sabu (17/8).

Perjuangan Hana dan Rafi hingga sampai Istana tidak mudah. Keduanya berjuang keras saat seleksi mulai dari tingkat kota, provinsi hingga nasional. Mereka menyingkirkan ribuan pesaing. Saat seleksi nasional, Hana dan Rafi menjalani latihan gabungan dengan peserta 1.500 orang dari seluruh Indonesia. “Seleksinya tak hanya soal baris berbaris. Tapi, ada tes kemampuan pengetahuan umum, kesamaptaan, bahasa Inggris, kesehatan hingga soal budaya,” katanya.

Sementara untuk, pembawa baki sang Saka Merah Putih, dipercayakan kepada I Dewa Agung Ayu Alamanda Diastara. Siswa SMA Negeri 1 Bangli ini, kemarin diberi kepercayaan menjadi Komandan Pengukuhan. Amanda, begitu dia biasa disapa, bersalaman langsung dan dipasangkan kendit oleh Presiden Jokowi, sebagai tanda 68 orang putra dan putri terbaik dari 34 provinsi di Indonesia ini sah menyandang status Paskibraka Nasional 2019.

Usai pengukuhan, Presiden Jokowi mengikuti geladi bersih upacara peringatan Hari Kemerdekaan ke-74 Republik Indonesia di Lapangan Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (15/8) pagi. Presiden Jokowi didampingi Kapolri Jenderal Tito Karnavian dan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto. Prosesi geladi bersih dimulai dengan peniupan terompet tanda upacara dimulai dan parade pasukan TNI serta detuman meriam yang menandai peringatan detik-detik proklamasi. Selanjutnya adalah prosesi geladi bersih pengibaran sang saka Merah Putih oleh Paskibraka. Prosesi geladi bersih diakhiri dengan hiburan aksi flypass pesawat tempur dari TNI Angkatan Udara dan persembahan lagu-lagu oleh Ghita Buwana. (set)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here