Home HUKUM Todongkan “Senpi”, Perampok Minimarket Ditangkap

Todongkan “Senpi”, Perampok Minimarket Ditangkap

0
SHARE
BERIKAN KETERANGAN: Dedi, pegawai Indomaret Jalan Cisauk-Legok (kanan), saat memberikan keterangan di hadapan Polisi. FOTO: Zakky Adnan/Tangerang Ekspres

CISAUK – Polisi meringkus dua orang pelaku perampokan di Indomaret, Jalan Raya Cisauk-Legok, Kabupaten Tangerang. Kawanan penjahat ini menggasak uang tunai Rp50 juta dan 25 bungkus rokok berbagai merk.

Kedua pelaku yakni, Edo Suhaedi (22) dan Romdon Mardiana (24). Edo ternyata pernah bekerja di Indomaret selama setahun, sehingga hafal situasi sekitar target lokasi.

“Peristiwa terjadi Sabtu kemarin. Masuk pakai helm pura-pura ingin belanja,” kata Kapolres Tangerang Selatan, AKBP Ferdy Irawan saat gelar perkara di kantornya, Kamis (15/8).

Saat melihat suasana minimarket sepi kedua pelaku langsung menodongkan golok dan pistol yang ternyata mainan. Pegawai minimarket yang takut diancam baru melapor polisi setelah kedua pelaku kabur membawa hasil kejahatan.

Ferdy bilang, hanya dalam waktu singkat kedua pelaku berhasil ditangkap di lokasi yang saling terpisah. Polisi menemukan uang sisa hasil perampokan sebesar Rp20 juta. “Pelaku mengaku uang hasil kejahatan untuk kebutuhan sehari-hari sama bayar utang,” ujarnya.

Ferdy menambahkan, pihaknya telah menyita barang bukti berupa, uang sisa hasil rampokan, dua senjata tajam, satu unit sepeda motor serta barang dan pakaian yang dikenakan pelaku ketika beraksi.

Atas perbuatan, lanjutnya, tim penyidik menjerat kedua pelaku dengan Pasal 365 ayat 1 dan 2 KUH Pidana tentang Pencurian dengan Kekerasan. “Ancaman hukuman paling lama 12 tahun kurungan penjara,” tambah Ferdy.

Sementara itu, aksi nekat Edo mudah diketahui. Pada pagi buta bekas pegawai minimarket itu gertak temannya dengan cara menodongkan pistol mainan.

“Edo pakai helm sama masker. Ketahuan dari suaranya, kita hafal,” ujar Dedi, pegawai Indomaret menjawab pertanyaan.

Ia menjelaskan, pada Sabtu kemarin pukul 06.00 WIB dirinya baru saja membuka toko. Tiba-tiba Edo dan Romdon Mardiana yang mengendarai sepeda motor merangsek masuk ke dalam Indomaret.

Dedi bilang, melihat ancaman kedua pelaku nyalinya ciut. Para pelaku langsung mengambil uang sebanyak Rp50 juta yang disimpan di dalam brangkas. Pelaku, lanjutnya, juga mengambil puluhan bungkus rokok berbagai merk. “Pas dilihat dari CCTV enggak terlalu jelas. Tapi dari suaranya identik,” ujar Dedi.

Menurutnya, Edo pernah bekerja di minimarket tersebut. Selama bekerja perangai pelaku sama seperti pegawai lainnya, tidak nakal. “Dia ngundurkan diri,” tambah Dedi. Usai kedua pelaku kabur pegawai Indomaret langsung melaporkan aksi perampokan ke Mapolsek Cisauk. (mg-10/mas)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here