Home BANTEN Jalan Dihias, Warga Tiga Maya Ikut Bersaing

Jalan Dihias, Warga Tiga Maya Ikut Bersaing

0
SHARE

WARINGINKURUNG – Warga RW 02, Kampung Tiga Maya, Desa Telagaluhur, Kecamatan Waringinkurung, antusias untuk ikut bersaing dengan kampung lain di Kabupaten Serang. Mereka mulai memperindah kampungnya untuk memenangkan Kampung Bersih dan Aman Kabupaten Serang 2019. Mereka melakukannya dengan cara gotong-royong.

Strategi gotong-royong menjadi modal utama warga dan perangkat RT dan RW. Mereka mulai memasang beragam pernak-pernik untuk menghias Kampung Tiga Maya. Ketua RW 02, Kampung Tiga Maya, Holid mengakui bahwa warganya bersemangat melakukannya. Warga bergotong-royong mendirikan gapura dan menghiasi jalan-jalan di Kampung Tiga Maya.

“Memang untuk awal perangkat RW 02 masih fokus memperindah wilayahnya untuk memperingati HUT ke-74 RI. Namun, langkah ini kami jadikan sebagai fondasi awal. Nantinya akan kami lanjutkan untuk Lomba Kampung Bersih dan Aman yang akan berlangsung selama empat bulan ke depan,” ungkap Holid kepada Radar Banten, Kamis (15/8).

Holid mengaku, pihaknya sudah menyosialisasikan Kampung Bersih dan Aman kepada seluruh RT di lingkungan RW 02. Kampung Tiga Maya, membawahi empat RT. Yakni, RT 05, RT 06, RT 07, dan RT 10. Setiap perangkat RT, disebutkannya, sudah mulai menyosialisasikan perlombaan tersebut kepada warga agar lebih rajin membersihkan lingkungannya. Itu dilakukan agar persiapan mengikuti Kampung Bersih dan Aman bisa dilakukan bertahap.

Sejauh ini, Holid menilai, warga Kampung Tiga Maya cukup bagus dan kompak menjaga kebersihan lingkungan. Terlebih, setiap bulan dilaksanakan gotong-royong membersihkan kampung.

Tentang sistem keamanan lingkungan (siskamling), Holid mengakui, belum disusun oleh perangkat lingkungan. Namun, warga rutin melakukan ronda malam.

“Untuk keamanan ronda malam sudah rutin kita laksanakan. Meski dari empat RT, baru ada tiga RT yang sudah memiliki pos kamling. Untuk satu RT lagi, sudah direncanakan pembangunannya (pos kamling-red) untuk meningkatkan keamanan daerahnya,” ujarnya.

Ketua RT 10 RW 02, Kampung Tiga Maya, Abdul Mu’id juga menyatakan bahwa warganya kompak untuk bersaing membersihkan Kampung Tiga Maya. Khusus warga RT 10, diminta bertanggung jawab dengan kebersihan lingkungan rumahnya, termasuk kebersihan lingkungan sekitar tempat tinggalnya. Kebersihan lingkungan akan menyehatkan warganya.

“Setiap malam juga sudah ada kegiatan ronda. Namun, belum ada penjadwalan. Lebih kepada sukarela warga. Setiap malam pasti ada warga yang secara sukarela melaksanakan ronda di lingkungannya,” terang Abdul Mu’id.

Salah satu warga Kampung Tegal Maya, Suhendra, mengakui Kampung Bersih dan Aman Kabupaten Serang 2019 disambut antusiasme warga. Soalnya, kebersihan dan keamanan Kampung Tegal Maya cukup terjaga, meskipun belum maksimal.

“Saya berharap, dengan Lomba Kampung Bersih dan Aman ini, dapat menyadarkan masyarakat mengenai pentingnya kebersihan dan keamanan lingkungan agar warga juga merasa nyaman tinggal,” katanya. (rio/ang/don/ira)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here