Home TANGERANG HUB Kebut RPJMD, Rotasi 7 Kepala OPD

Kebut RPJMD, Rotasi 7 Kepala OPD

0
SHARE
SUMPAH JABATAN: Tujuh kepala OPD diambil sumpah di Kantor Balaikota, Puspemkot Tangsel, Selasa (10/9). FOTO: Miladi Ahmad/Tangerang Ekspres

CIPUTAT-Sebanyak 7 pejabat eselon 2 di lingkup Pemkot Tangsel dimutasi. Pelantikan dipimpin Walikota Tangsel Airin Rachmi Diany di aula lantai 1 Balai Kota, Selasa (10/9). Ke tujuh pejabat tersebut adalah Dendi Pryandana, Judianto, Dadang Sofyan, Dadang Raharja, M. Taher, Sukanta dan Purnama Wijaya.

Dadang Sofyan sebelumnya menjabat Kepala Bapenda kini menjadi Kepala Dinas Pariwisata, M Taher yang sebelumnya menjabat Bappeda kini menjadi Kepala Bapenda. Sukanta yang sebelumnya menjabat Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) kini menjadi Kepala Dinas Ketenagakerjaan, Purnama Wijaya yang sebelumnya menjabat Kepala Dinas Ketenagakerjaan kini menjabat Kepala Dishub.

Dendi Pryandana yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala Dishub sekarang menjadi Asisten Daerah 2 Bidang Perekonomian Pembangunan, Judianto yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala Dinas Pariwisata kini menjadi Kepala Dinas Bangunan dan Penataan Ruang (DBPR), dan Dadang Raharja yang sebelumnya menjabat Kepala Perpustakaan Dan Arsip Daerah (DPAD) kini menjadi Staf Ahli Bidang Pemerintahan, Politik dan Hukum.

Walikota Tangsel Airin Rachmi Diany menyampaikan, mutasi dan pelantikan dilakukan berdasarkan hasil evaluasi bersama dengan Wakil Walikota atas prilaku aparat sipil negara (ASN) di lingkup Pemkot Tangsel. Rotasi dilakukan berdasarkan mekanisme assesment beberapa waktu lalu, penempatan pejabat berdasarkan mekanisme tersebut dengan potensi yang ada.

“Saya ingin mengingatkan bagi ASN dimanapun ditempatkan harus menunjukan kinerja yang baik dan maksimal,” ujarnya dalam sambutan, Selasa (10/9).

Airin menambahkan, penempatan pejabat ini dalam rangka pencapaian organisasi yang tertuang dalam visi dan misi yang tertulis dalam target RPJMD. Target inilah menjadi tanggung jawab kepala dinas dalam pencapaiannya.

Ia minta kepada OPD untuk fokus dalam pencapaian target RPJMD, pelaksanaan program harus benar-benar diperhatikan jangan sampai ada program yang tidak tercapai, karena tidak teralisasinya program kegiatan.

“Bagi saya dan pak wakil target RPJMD ini merupakan janji, yang harus dipenuhi dan diwujudkan di Kota Tangsel serta dirasakan oleh masyarakat Kota Tangsel. Tugas kepala OPD membantu dalam mencapai target berdasarkan urusan di tugas masing-masing, jalankan fungsi dan tugas yang baik dalam mencapai target yang harus tercapai,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala DBPR Kota Tangsel Judianto yang baru dilantik mengatakan, kaget dan tidak menyangka akan dimutasi ditempat yang baru. “Sebelumnya saya menjadi Kepala Dinas Pariwisata dan sekarang jadi Kepada DBPR, kata bu wali mutasi dan pelantikan ini berbasis kompetensi dan ini sesuai latar belakang pendidikan saya, yakni teknik,” singkatnya.

Di tempat yang sama, Kepala Dinas Pariwisata yang baru dilantik Dadang Sofyan mengatakan, mutasi yang dilakukan adalah hal biasa bagi ASN. “ASN harus siap dan mampu ditempatkan dimana saja, maka harus berusaha dan berupaya bagaimana meningkatkan kompetensi bidang tersebut,” katanya.

Diketahui, setelah pelantikan 7 pejabat eselon tersebut sehingga ada dua OPD yang tidak memiliki pemimpin, yakni Bappeda, DPAD. Selain itu, saat ini juga masih ada OPD yang tidak memiliki pemimpin tetap eselon 2, yakni Dinas Perkimta, Dinas Pekerjaan Umum, Dinas Kesehatan, Dinas Kominfo dan Badan Kesbangpol. (bud)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here