Home TANGERANG HUB Sehari Terkumpul 270 Kantong Darah

Sehari Terkumpul 270 Kantong Darah

0
SHARE
Salah seorang pendonor mendapat souvenir pada perayaan HUT ke-74 PMI, Selasa (10/9). FOTO: Randy/Tangerang Ekspres

Markas Besar Palah Merah Indonesia (PMI) Kota Tangerang dipenuhi warga yang ingin melakukan donor darah di Hut ke-74 PMI, Selasa (10/9).

PMI ditargetkan melayani 200 kantong darah. Target tersebut, ditunjuk oleh PMI Provinsi Banten dalam rangka Hut PMI Nasional yang digelar serentak oleh seluruh PMI di Banten dan juga PMI seluruh Indonesia.

Kepala Unit Donor Darah PMI Kota Tangerang dr. David Hasudung Sidabutar mengatakan, pihaknya membuka pelayanan donor darah yang sedikit berbeda. Dimana masyarakat yang datang untuk melakukan donor darah diberikan souvenir dan juga dihibur oleh para petugas PMI Kota Tangerang.

“Kegiatan ini dalam rangka HUT PMI, kita diintruksikan untuk bisa mencapai target 200 kantong darah. Tetapi sejak pagi dibuka, kita mendapatkan lebih dari target yang diberikan PMI Provinsi Banten yakni sekitar 270 kantong darah,”ujarnya saat ditemui Tangerang Ekspres.

David menambahkan, tidak hanya dibuka di markas PMI Kota Tangerang saja, di beberapa lokasi di Kota Tangerang juga dibuka donor darah bagi masyarkaat yang ingin mendonorkan darahnya tetapi tidak sempat datang ke markasi PMI Kota Tangerang.

“Kami juga buka dibeberapa titik, seperti di mall TangCity, Kampus UIN Ciputat, Gading Serpong serta beberapa titik di Kota Tangerang kita buka. Hal itu untuk mempermudah masyarakat mendonorkan darahnya tanpa harus datang ke markas PMI Kota Tangerang,”paparnya.

Ia menjelaskan, untuk setiap hari masyarakat juga banyak datang melakukan donor darah. Bahkan perhari ada sekitar 100 orang masyarakat yang datang melakukan donor darah ke markas PMI Kota Tangerang, dan PMI sendiri membuka layanan donor darah 24 jam.

“Kalau diluar Hut PMI, masyarakat juga datang untuk melakukan donor darah. Bahkan tanpa ragu mereka dengan ikhlas mendonorkan darahanya untuk masyarakat yang membutuhkan darah,”katanya.

Ketika ditanya masalah respon masyarakat terkait donor darah, David mengungkapkan, masyarakat Kota Tangerang mempunyai respon yang sangat tinggi dalam donor darah. Bahkan memang hampir setiap hari markas PMI Kota Tangerang selalu diramaikan oleh masyarakat yang datang untuk mendonorkan darahnya.

“Saya sangat salut dan respect kepada masyarakat Kota Tangerang, bahkan saya berikan dua jempol untuk semangatnya mendonorkan darah mereka. Tanpa kami minta, mereka datang untuk melakukan donor darah. Kami juga memberikan julukan kepada masyarakat yang mendonorkan darahnya sebagai pahlawan kemanusian, intinya saya sangat salut,”tutupnya. (mg-9)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here