Home TANGERANG HUB 116 Tempat Sampah Selama MTQ

116 Tempat Sampah Selama MTQ

0
SHARE
BERSIH: Petugas kebersihan tengah menyiapkan tempat sampah di lokasi acara MTQ tingkat Kota Tangerang di Kecamatan Pinang, Senin (14/10). FOTO: Randy/Tangerang Ekspres

TANGERANG – Menjaga kebersihan selama MTQ di Kecamatan Pinang, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Tangerang menyiapkan sebanyak 116 tempat sampah.

Jumlah tempat sampah tersebut terdiri dari 32 tong ukuruan besar dan 84 tong troli yang disiapkan di semua venue. Bahkan tidak hanya tong sampah, DLH juga menyiapkan 50 petugas kebersihan untuk bisa membersihkan sampah.

Kepala DLH Kota Tangerang Dedi Suhada mengatakan, selama perhelatan MTQ DLH Kota Tangerang sudah menyiapkan kantung sampah di setiap venue yang ada. Hal itu untuk mempermudah masyarakat membuang sampah pada tempatnya agar tidak ada sampah yang dibuang sembarang.

“Selama MTQ kita sudah siapkan 116 tempat sampah, agar masyarakat membuang sampah pada tempatnya serta mempermudah petugas kami untuk mengangkut,”ujarnya saat ditemui di Plaza Pemkot Tangerang usai apel, Senin (14/10).

Dedi menambahkan, tidak hanya saat perhelatan MTQ saja, setiap event di Kota Tangerang DLH juga menyiapkan tempat sampah untuk masyarakat. Karena selain mengingatkan masyarakat untuk buang sampah pada tempatnya, petugas DLH juga lebih mudah untuk mengangkutnya.

“Seperti contoh pada saat Festival Cisadane, kita juga menempatkan puluhan tempat sampah dibeberapa titik sekitar venue acara. Jika tidak ada tempat sampah pada saat acara, maka akan terlihat sampah tersebut akan berantakan dan petugas akan kesulitan dalam pengangkutan,”paparnya.

Ia menjelaskan, dalam MTQ tersebut, DLH juga mempunyai kejutan untuk warga yang mau menyumbangkan sampahnya ke stand DLH. Dimana, sampah yang sudah dipilah oleh warga akan ditimbang dan warga akan bisa menukarkan sampahnya dengan sembako yang telah disiapkan oleh DLH Kota Tangerang.

“Bagi masyarakat yang datang ke MTQ tingkat Kota, bisa menukarkan sampahnya ke kami. Dimana sampah yang sudah dipilah bisa ditukar dengan sambako sesuai dengan berat sampah yang dibawa, tetapi ingat sampah yang bisa ditukar adalah sampah yang sudah dipilah-pilah dan bukan sampah basah,”ungkapnya.

Dedi menuturkan, setiap event yang digelar di Kota Tangerang, DLH berhasil mengumpulkan sampah sebanyak 70 kg perhari pada saat event. Tetapi tergantung berapa lama event tersebut berlangsung.

“Biasanya, kalau event seperti ini kita perhari bisa mengumpulkan sampah sebanyak 70 kg. Karena setiap event setelah dibersihkan dan dikumpulkan petugas data tersebut kita catat, jadi kalau eventnya bisa berhari-hari bisa banyak sampah yang kita kumpulkan,”tutupnya. (mg-9)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here