Home PENDIDIKAN Bangun Fasilitas Air Bersih di SDN Pasir Ampo, Ajarkan Pola Hidup Sehat

Bangun Fasilitas Air Bersih di SDN Pasir Ampo, Ajarkan Pola Hidup Sehat

0
SHARE
MINUM AIR: Siswa SDN Pasir Ampo, Kecamatan Kresek, Kabupaten Tangerang langsung meminum air dari kran produksi Planet Water, Selasa (15/10). FOTO: Mas Deden Budiman/Tangerang Ekspres

KRESEK – Kesulitan air bersih bukan hanya dirasakan oleh rumah tangga di Kecamatan Kresek, Kabupaten Tangerang, tapi juga terjadi di sekolah. Sejak memasuki musim kemarau, pihak sekolah mengaku merasa kesulitan penyediaan air bersih.

“Memasuki musim kemarau ketersediaan air sangat sulit. Pasokan air untuk kebutuhan sekolah harus berhemat. Tapi kalau musim hujan tentunya sumur di sekolah normal,” terang Rumsah, Kepala SDN Pasir Ampo, saat peresmian pembangunan sarana air bersih dari Planet Water, Selasa (15/10).

Kata Rumsah, bantuan sarana air bersih yang bisa langsung diminum tanpa harus dimasak sangat membantu pihak sekolah. Mengingat persoalan ketersediaan air bersih sangat mengganggu kegiatan sekolah.

“Kami sangat berterimakasih kepada pihak Planet Water yang telah menyediakan sarana air bersih siap minum. Fasilitas ini akan kami rawat dengan baik,” tegas Rumsah.

GUNTING PITA: Planet Water, guru dan siswa SDN Pasir Ampo, Kecamatan Kresek, Kabupaten Tangerang saat meresmikan sarana air bersih, Selasa (15/10). FOTO: Mas Deden Budiman/Tangerang Ekspres

Manager Planet Water, Ishak Kasum mengatakan, pihaknya membuat water tank di SDNPasir Ampo merupakan kegiatan sosial. Jadi, katanya, dengan adanya water tank di sekolah tersebut, para siswa bisa belajar bersih mulai dini.

“Air yang keluar dari water tank tersebut bisa langsung diminum tanpa harus dimasak terlebih dahulu,” katanya kepada Tangerang Ekspres.

Ia menjelaskan selama air tidak mengandung zat kimia berbahaya, tidak berbau, tidak berasa bisa difilter dan akhirnya diminum. Ia menjelaskan di beberapa wilayah, dengan sistem tersebut bahkan air parit atau selokan difilter menjadi air yang layak pakai.

“Kami menamakan sistem ini sebagai aqua filter. Alat penyedia air bersih ini tanpa menggunakan listrik sebagai sumber tenaganya tapi hanya menggunakan gravitasi bumi sebagai sumber tenaga untuk menyaring air bersih. Jadi sekolah tidak perlu repot-repot harus memikirkan biaya listrik karena alat ini tidak menggunakan listrik,” ujarnya.

“Tujuan kami adalah memberantas kelangkaan air bagi masyarakat yang kurang beruntung melalui solusi air bersih berkelanjutan, dan program pendidikan untuk kebersihan dan kesehatan air,” tambahnya. (mas)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here