Home BANTEN Bintang Sains Kecamatan Muncang: SDN 2 Ciminyak Dominasi Finalis

Bintang Sains Kecamatan Muncang: SDN 2 Ciminyak Dominasi Finalis

0
SHARE

Bintang Sains 2019 Kabupaten Lebak yang diikuti peserta dari Kecamatan Muncang di gedung PGRI Sajira, Selasa (15/10) siang berlangsung ketat. Finalis didominasi SDN 2 Ciminyak dengan menempatkan tiga siswanya mewakili Kecamatan Muncang. Yakni, Intan Apriliani, Tantia Silvi Yanti, dan Neng Syfa.

Lomba diikuti 106 peserta dari 20 SD. Lomba menguji wawasan matematika dan sains itu disaksikan Pengawas Muncang Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Lebak Jalal Kamal dan Ketua K3S Bambang Sugeng.

Persaingan peserta selama lomba cukup ketat. Peserta berguguran pada soal matematika hingga terpilih sepuluh finalis. Salah satu finalis, Kian Saputra dari SDN Cikarang mengaku senang dan bersyukur bisa masuk 10 besar mewakili Kecamatan Muncang. “Soalnya enggak susah. Tapinya, banyak yang ngejebak. Kalau tidak fokus bisa salah,” ucapnya.

Pengawas UPT Kecamatan Muncang Jalal Kamal mengalungkan medali kepada finalis.

Anak petani durian itu berjanji, akan lebih giat belajar agar pengetahuan matematika dan sains lebih terasah sehingga bisa juara pada final. Ia memprediksi, soal di final tingkat kesulitannya lebih tinggi. “Pastinya banyak peserta yang pandai, apalagi di wilayah kota. Tapi saya enggak akan minder,” tegas siswa kelas V ini.

Sementara itu, Pengawas SD Kecamatan Muncang Dindikbud Lebak Jalal Kamal menilai, event mampu mengasah kemampuan siswa pada bidang matematika dan sains. Lantaran itu, ia mendukung event bisa digelar rutin setiap tahun. “Apalagi, juara 1,2, dan 3 akan dibawa studi tur ke luar negeri yang merangsang siswa agar giat belajar,” ujarnya.

Menurutnya, lomba yang digagas Radar Banten Group itu aktraktif dan menghibur.

Ia berharap, finalis dari Kecamatan Muncang bisa menjadi bagian dari tiga besar dan meraih hadiah utama. “Saya minta peserta yang lolos tak berpuas diri dan menambah porsi jam belajarnya,” pesannya. (nce/zai/ags)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here