Home PENDIDIKAN Pembinaan Kurikulum 2013, Gembleng 70 Guru SD

Pembinaan Kurikulum 2013, Gembleng 70 Guru SD

0
SHARE
PEMBINAAN: Guru SD Gugus 02, Kecamatan Pakuhaji, Kabupaten Tangerang saat mengikuti pembinaan Kurikulum 2013, di SDN Kiara Payung, Selasa (15/10). FOTO: Mas Deden Budiman/Tangerang Ekspres

PAKUHAJI – Dinas Pendidikan Kabupaten Tangerang sadar betul bahwa keberhasilan pelaksanaan Kurikulum 2013 ditentukan oleh kualitas tenaga pendidik. Oleh karena itu, Dinas Pendidikan melalui pengawas sekolah rutin melaksanakan pembinaan kurikulum 2013 di sekolah-sekolah.

Kali ini pembinaan Kurikulum 2013 dilaksanakan di SDN Kiara Payung, Kecamatan Pakuhaji, Kabupaten Tangerang yang diikuti sekitar 70 guru, dari 13 SD.

“Guru-guru menjadi sasaran pembinaan Kurikulum 2013,” ujar Aulia Jamaludin, Ketua Gugus 02 SD, Kecamatan Pakuhaji, saat kegiatan Pembinaan Kurikulum Di Zona Sekolah Dasar 2019, Selasa (15/10).

Kata Aulia, peran guru pada kurikulum ini memang berbeda dengan kurikulum lainnya. Jika sebelumnya guru berfungsi hanya sebagai pengajar, maka sekarang mereka harus menjadi fasilitator pembelajaran dengan mengintegrasikan kecakapan abad 21, pada proses pembelajaran bagi peserta didik.

Di sini guru dituntut menciptakan anak didik yang handal ditengah gempuran kepesetan teknologi di era baru abad 21 ini. Apalagi era baru ini hadir dengan standar global dalam bidang koorporasi, produk, layanan, penelitian dan pengembangan global, serta berdampak pada lunturnya nasionalisme dan budaya lokal.

Lewat penerapan Kurikulum 2013 diharapkan cita-cita yang terkandung dalam Pembukaan UUD 1945, yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa, yang dilanjutkan secara lebih spesifik dalam tujuan pendidikan yang tercantum dalam Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional, No 20 Tahun 2003, terwujud.

“Pendidikan harus mampu mewujudkan kualitas sumber daya manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, demokratis bertanggung jawab, sehingga mampu menjawab tantangan abad 21 dan globalisasi,” terang Aulia, yang juga Kepala SDN Gaga 2, Kecamatan Pakuhaji.

Demi menggapai itu semua, guru dilatih agar memahami dan mampu mengembangkan kecakapan abad 21 dalam proses pembelajaran yang meliputi Penguatan Pendidikan Karakter (PPK), kompetensi  dan kecakapan literasi dasar. (mas)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here