Beranda TANGERANG HUB BPBD Ajari Siswa Tangani Bencana

BPBD Ajari Siswa Tangani Bencana

0
BERBAGI
SIMULASI PENANGANAN: Sejumlah siswa SMP Islam Al Azhar dan guru melakukan simulasi penanganan korban bencana gempa. FOTO: Dok. Net

SERPONG-Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Tangsel bekerja sama dengan SMP Islam Al Azhar BSD menggelar Mitigasi dan Penanganan Darurat Bencana Gempa di kawasan sekolah, Serpong. Di acara ini, para siswa diajarkan bagaimana cara menangani bencana khususnya saat terjadi bencana gempa bumi.

Menurut Petugas Tanggap Kedaruratan Bidang Kedaruratan dan Logistik pada BPBD Tangsel Asep S, Indonesia sudah dalam fase darurat comunity tanggap bencana. “Indonesia sudah darurat, tanggap bencana diabaikan karena secara komunitas enggak siap. Salah satu komunitas yakni pelajar. Kalau anak-anak sudah diedukasi cara menyikapi bencana akan bisa mengurangi resiko terluka dan di rumah mereka juga akan menularkan ke keluarga. Karena potensi gempa bumi di Indonesia bukan main main,” ujar Asep, seperti dirilis Humas Tangsel, kemarin.

Pihak BPBD Tangsel pun, sangat mengapresiasi apa yang telah dilakukan SMP Islam Al Azhar BSD dan juga BKOMS. “Saya harap semua sekolah seperti ini. Karena kita tidak bisa memprediksi kapan terjadinya gempa,” lanjutnya.

Ia juga menjelaskan, langkah pertama yang harus dihadapi ketika terjadi gempa, pertama yakni bagaimana bersikap ketika terjadi gempa. “Contoh aset utama lindungi kepala. Kemudian masuk kolong meja karena sisi keamanan meja cukp menjamin. Terakhir hindari kaca atau jendela dan lari kelapangan terbuka,” papar Asep.

Sementara, Kepala SMP Islam Al Azhar BSD, Moch Mukrim menjelaskan, betapa pentingnya pembelajaran ketika menyikapi bencana gempa.

“Penting mengadakan ini dalam rangka untuk memberikan edukasi kepada anak-anak terkait dengan bencana mengurangi dampak dan resiko. Program ini mudah-mudahan akan berkelanjutan dan ini sangat penting, untuk tanggap terhadap bencana,” tutur Mukrim. (hms)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here